Kesehatan

Asyiknya Wisata Medis di Penang Bersama Malaysia Healthcare

B623D1D5-C9F2-424A-A416-A64FA99FCD11

Beberapa waktu lalu, aku dan teman-teman blogger, serta beberapa teman media mendapatkan undangan langsung oleh tim Malaysia Heathcare Travel Council untuk mengikuti Familiarisation Trip, yaitu pengenalan wisata medis di Penang, Malaysia. Saya bangga dan bahagia sekali bisa menjadi salah satu KOL yang merasakan langsung bagaimana Malaysia Healthcare memandu dan menyusun itinerary pasien dan keluarga pasien selama melakukan perjalanan wisata medis di Malaysia.

Malaysia Healthcare

Malaysia merupakan destinasi wisata medis yang telah diakui secara internasional sebagai “Best Country in the World for Healthcare” dari tahun 2015 hingga 2017 dan juga tahun 2019 oleh majalah International Living yang berasal dari AS dan menerima penghargaan “Destination of the Year” untuk wisata kesehatan dari tahun 2015-2017 serta penilaian istimewa pada tahun 2018 oleh International Medical Travel Journal yang berasal dari Inggris. Hal itu dipaparkan oleh CEO Malaysia Healthcare Travel Council, Sherene Azli, yang membuka familiarisation trip kami pada Minggu, 13 Oktober 2019 di Hotel ST. Giles Wembley, Georgetown, Penang.

Welcoming Dinner

Welcoming Dinner

Setelah membuka sesi wawancara dengan fakta terkait Malaysia Healthcare, Puan Sherene Azli juga menjelaskan tentang Malaysia Healthcare Travel Council.

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) adalah badan pemerintah yang telah diberikan kepercayaan untuk mengelola pariwisata kesehatan di Malaysia. Didirikan pada tahun 2009, MHTC berupaya memfasilitasi dan mengembangkan industri pariwisata kesehatan Malaysia di bawah brand “Malaysia Healthcare” untuk menjadikan Malaysia sebagai tujuan utama pariwisata kesehatan di dunia. Sejak itu, MHTC telah menyatukan para pemain industri dan penyedia layanan ke dalam sebuah strategi pengembangan yang berfokus untuk meningkatkan profil pariwisata kesehatan Malaysia di kancah dunia. Ini merupakan contoh model kemitraan antara publik-swasta (public-private partnerships—PPP) yang telah berhasil dalam mengembangkan sektor pariwisata kesehatan di Malaysia.

Puan Sherene Azli juga menyinggung tentang MHTC Concierge & Lounge yang terletak di depan pintu ketibaan Bandara Penang.

MHTC Concierge and Lounge (MCL), yang juga terintegrasi dengan Pusat Panggilan MHTC, adalah suatu pusat terpadu yang menyediakan akses bagi para wisatawan kesehatan untuk mencari  informasi lengkap mengenai pengalaman menginap yang nyaman dan bermanfaat di Malaysia bagi para wisatawan kesehatan. Berlokasi di Balai Kedatangan Bandara Internasional Kuala Lumpur (Gerbang 8), Balai Kedatangan KLIA2 dan Bandara Internasional Penang, MCL memiliki tujuan utama untuk:

  • Menyebarkan informasi mengenai layanan kesehatan;
  • Memfasilitasi informasi tentang transportasi, akomodasi, dan perjalanan di Malaysia
MHTC Concierge & Lounge di Bandara Penang

MHTC Concierge & Lounge di Bandara Penang

Kualitas Malaysia Healthcare

Menjadi anggota dari Malaysia Healthcare tidak bisa sembarangan. Aturan diawasi dengan ketat oleh kementerian kesehatan Malaysia. Beberapa diantaranya adalah:

Kualitas Berkelas Dunia

Keselamatan dan perawatan pasien serta standar kualitas dan keamanan di rumah sakit swasta dijadikan tolak ukur dengan yang terbaik di dunia menggunakan Undang-undang Layanan Fasilitas Kesehatan Swasta (1998).
Tenaga medisnya merupakan professional berkualifikasi tinggi yang menerima pelatihan dari lembaga terkenal Internasional dari Malaysia, Inggris, AS, Australia dan Eropa.

Biaya terjangkau

Bagi kita masyarakat Indonesia, kurs Ringgit tidak terlalu jauh sehingga  mudah jika ingin berobat ke Malaysia dan perawatan Malaysia pun masih cukup terjangkau sebab batas tarif tertingginya juga ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan Malaysia.

Kemudahan berkomunikasi dan Hub Halal

Bahasa Inggris dan Melayu digunakan secara luas, kebutuhan penerjeman untuk bahasa lain sangat mudah. Serta masyarakat Malaysia sangat ramah Muslim, diakui sebagai “Negara di Peringkat Teratas untuk Wisata Muslim” dari tahun 2011-2019 oleh MasterCard-CrescentRating Global Muslim Travel Index.

Di Penang, terdapat beberapa Rumah Sakit yang merupakan anggota dari Malaysia Healthcare, yaitu:

Penang Adventist Hospital
Gleneagles Hospital
Loh Guan Lye Specialist Centre
Island Hospital

Dalam kesempatan kali ini, saya dan beberapa teman kebagian melihat langsung teknologi mutakhir di Loh Guan Lye Specialist Centre dan Island Hospital. Sedangkan teman kelompok lainnya di dua Hospital berikutnya.

Loh Guan Lye Specialist Centre

Spot occupational therapy di Loh Guan Lye Specialist Centre, Penang

Spot occupational therapy di Loh Guan Lye Specialist Centre, Penang

Loh Guan Lye Specialist Centre Hospital terletak di Jl. 238, Jalan Macalister, George Town, 10400 George Town, Pulau Pinang, Malaysia. Sesuai namanya Rumah Sakit ini memiliki banyak Specialist dengan 273 bed dan 10 lantai. Di lantai 6 khusus klinik dokter. Specialis yang bagusnya di Hospital ini adalah kanker, IVF (Bayi tabung), Kandungan, dsb.

Ketika tiba di pintu Loh Guan Lye Specialist Centre, kami disambut oleh Mbak Ratna Chua, tim marketing di Loh Guan Lye. Suasananya tidak seperti rumah sakit. Seperti sedang masuk hotel, sebab tidak tercium bau obat-obatan. Front Officenya sangat besar, sehingga pasien tidak terlihat menumpuk.

Loh Guan Lye Specialist Centre

Loh Guan Lye Specialist Centre

Kami diajak untuk melihat langsung beberapa teknologi yang diunggulkan oleh hospital ini, yaitu ruangan check up, MRI, PET-Scan, rehabilitasi medik, pemasangan koklea implant, ruangan okupasi, anti-gravity treadmill, VIP Room yang memiliki fasilitas scan kulit sebagai kunci lemari dengan begitu keamanan sangat terjaga.

Untuk biaya check up di Rumah sakit ini cukup terjangkau, yakni sekitar 2,7 juta rupiah.

Yang paling bikin menarik adalah teknologi penyembuhan kanker. Di Rumah Sakit ini terdapat alat terapi kanker: radiation x-ray, yang digunakan bagi para penderita kanker  minimal 10 kali dan maksimal 35 kali. Ketika akan terapi, pasien terlebih dahulu mencetak semacam kain pembungkus yang akan digunakan selama pasien terapi. Kain pembungkus tersebut membuat penyembuhan hanya terfokus di lokasi kanker dan penyembuhan bisa akurat dan tepat sasaran.

Alat terapi tersebut terdapat di ruangan kedap signal dan suara, terbukti ketika saya menggunakan media social, saya tidak mendapatkan sinyal apapun. Hal ini diantisipasi sebab menjaga privasi para penderita kanker. Banyak dari mereka tidak mau orang lain tau tentang kanker yang mereka alami.

Loh Guan Lye menyediakan sesi tanya jawab oleh dokter spesialis mereka di ruang meeting. Ada yang bertanya, apa yang menjadi stress terberat para dokter di sini? Dan jawabannya satu, ketika mereka ingin mentreatment pasien dengan cara terbaik, namun pasien tidak punya cukup uang untuk menyembuhkan dirinya. Para dokter sangat sedih sebab mereka mau semua pasien yang tiba di sini pulang dalam keadaan sehat dan bahagia.

Island Hospital

Salah satu hospital kebanggaannya masyarakat Indonesia, Island Hospital, yang terletak 308, Jalan Macalister, 10450 George Town, Pulau Pinang, Malaysia. Rumah sakit ini sudah berdiri selama 21 tahun dan sedang dibangun gedung baru. Dari gedung lama ke gedung baru akan terhubung underpass(penggalian permukaan tanah yang terletak di Peel Avenue dan Pierce Road), dengan adanya proyek perluasan rumah sakit island akan ditambahkan 300 ranjang dari 300 ranjang sebelumnya, hal ini membuat Island Hospital satu-satunya Rumah sakit swasta dengan 600 ranjang. Dan rencana jangka panjangnya adalah Island Hospital akan memiliki 1000 ranjang! WOW!

Di Rumah sakit ini, kami disambut oleh Vincent Tey, marketing Rumah Sakit ini. Suasana Hospital ini sangat sibuk, sebab ketika kami tiba banyak sekali pasien yang sedang menunggu antrian. Perawat dan Dokterpun sangat focus dan tidak bisa diganggu ketika sedang ada pasian. Good Job!

Island Hospital memiliki 61 fulltime specialist yang hanya bertugas di Rumah Sakit ini. Dalam treatment ke pasien, Island mendapatkan indicator 2,5 dari 3 (sangat bagus). Dari 350.000 pasien yang datang setiap tahun, 40%-nya dari Indoenesia. Kenaikan jumlah pasien yang datang pertahun adalan 3%, selama 15 tahun ke belakang.

Dikarenakan ramainya pasien, kami tidak bisa melihat beragam teknologi canggih di Rumah Sakit ini. Yang bisa saya simpulkan adalah mereka begitu menjaga privasi pasien, sehingga kami tidak bisa sembarangan mengambil gambar atau melihat pasien sedang diobati.

Hanya saja kami beruntung bisa masuk ke blood bank-nya Island Hospital. Pemisahan darah dilakukan secara automatic, terdapat antibody screen juga di Island Hospital yang hanya satu-satunya di Penang. Terdapat microbiology molecular testing. Island Hospital termasuk Rumah Sakit yang beruntung sebab ada pathologis di Rumah Sakit ini, yang mana susah sekali menemukan ahli pathologi untuk memudahkan penemuan penyakit secara akurat.

SIEMENS SOMATOM Drive CT-Scanner

Merupakan kecanggihan mesin yang ada di Island Hospital. Mesin ini menggunakan dua sumber sinar X-Ray, tim dokter specialist bisa memberikan radiasi dengan dosis sangat rendah, dengan hasil diagnosis terbaik yang tepat dan akurat membuat dokter dapat merencanakan perawatan terbaik.

Selain SIEMENS SOMATOM Drive CT-Scanner, Islang Hospital juga memiliki peralatan medis terkini termasuk Siemens HD 3D Tomosynthesis Mammography, MRI 3 Tesla, Fibroscan untuk diagnose hati, Bedah Laparoskopi 3D, Anti-Gravity Treadmill, dan Pusat Laboratorium dan Patologi mutakhir.

Saatnya Berwisata, yeay!

Setelah melihat beragam macam teknologi mutakhir dari dua rumah sakit yang bikin tercengang, saatnya kami diajak berwisata. Dimulai dari The Top Komtar.

Bagi teman-teman yang hendak berkunjung ke Penang, saya rasa harus masuk ke The Top Komtar. The Top Komtar merupakan gedung tertinggi di Penang dengan ketinggian 68 lantai. Sebelum naik ke lantai tertinggi, kami masuk ke museum Penang yang menjelaskan tentang sejarah Pulau Pinang. Penyajiannya begitu menarik, ada maket dan petugas yang menjelaskan, video yang diputar setelah penjelasan maket serta diorama yang mempertegas video, dan ditutup dengan tarian musical lagu P. Ramlee yang ditujukan untuk mengenang musisi legendaris P. Ramlee.

Dari museum Penang, kami masuk ke Museum Durian. Kami melihat sejarah durian, bentuk durian, dan durian yang ada di Malaysia, Penang khususnya. Musiumnya sungguh instagramable dan informatif. Kami tak henti menjepret diri.

The Top Komtar

Tiba waktunya menuju lantai tertinggi. Kami naik lift berkapasitas 20-30 orang dan menuju lantai 65. Terasa gak? Enggak. Dalam 1-2 menit kami sudah tiba dan disuguhi video tentang The Top Komtar. Setelah video selesai ditayangkan, layar dibuka dan waaahhhhhh terlihat pemandangan Penang dari atas! Ya Allah, takjub banget!!!!
Di sini terdapat permainan memacu adrenalin, 6 teman saya yang memiliki keberanian mencoba bermain dan kami hanya melihat dari dalam jendela. Di lantai 65 ini juga terdapat spot foto dengan duduk di atas kaca, di bawah kaca itu apa? Bangunan dan jalan. Aku jujur takut banget. Dan ga berani foto di sini.

The Top Komtar

The Top Komtar

Setelah beberapa menit mengeksplor lantai 65, kami naik 3 lantai menuju lantai tertinggi, 68. Terdapat kafe dan rooftop yang memanjakan mata kami melihat Pinang dari atas. Di sini juga ada spot foto di atas kaca namun terlihat lebih safety sebab ada pegangan (menurutku sih, padahal sama aja :p) tapi aku berani dong, hehe. Syukurlah kami bisa melihat matahari terbenam yang begitu indah dari sini.

Di lantai 68 juga menyediakan fasilitas karaoke, spa dan billiard yang bisa digunakan oleh member. Asyik sih, karena di sisi ruangan terdapat kaca besar yang dapat melihat Penang dari atas.

Dinner in Irama Restaurant

Mau makan masakan Melayu? Yuk ke Irama Restaurant. Diawali dengan makanan pembuka serta sirup, lalu nasi lemak dengan ikan bakar, gulai dan sayur ditutup dengan bubur sumsum. Sedap! Lokasi Irama Restaurant ini di pusat kita Georgetown, sangat dekat dengan Mural Wall.

Mural Wall

Kayanya ga bakal ketinggalan deh wisata satu ini. Wisata yang memanjakan mata dan siap-siap jepret kamera di setiap sisi jalan. Terdapat mural wall yang sudah menjadi iconnya Penang sebagai wisata heritage yang diakui UNESCO.

Di sekitar mural wall, juga ada Lebuh Aceh Mosque, Pinang Peranakan Mansion, kuil-kuil serta Esplanade peninggalan Inggris. Kalau ke sini jangan lupa siapin payung/topi, kacamata dan batre kamera, ya!

Penang Hill

Penang Hill atau Bukit Bendera merupakan wisata di Penang yang selalu ramai dikunjungi. Menuju Penang Hill terdapat  furnicular train yang membawa kita menuju lokasi dengan suasana jalur yang memacu adrenalin. Tertarik? Kudu cobain dah!

Setibanya di Penang Hill, banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Beruntung kami dapat free masuk ke The Habitat, yang merupakan kebun binatang alam dengan banyak flora dan fauna. Bagus sekali penataannya! Kami ditemani salah seorang guide yang menjelaskan berbagai fauna dan flora yang dengan tiba-tiba kami jumpai, seperti Ulat Gogok, daun herbal, kumbang bahkan ular.

Di tengah-tengah terdapat Curtis crest yaitu top tree walk, tempat petinggi Inggris berolahraga pada jamannya.

Ketika turun dari Curtis crest dan menuju tempat penjemputan mobil jeep, kami melihat ada rumah dokter, di mana para petinggi Inggris berobat di sana pada jaman dahulu. Yap, jalur the habitat ini sudah ada sejak jaman dahulu, yang merupakan jalur petinggi Inggris menuju ke rumah dokter.

Seru banget, kan? Selain dibantu memilih rumah sakit juga diajak berwisata ke lokasi-lokasi menyenangkan. Teman-teman tertarik? Nih aku kasih contact person Malaysia Healthcare.

Perwakilan Malaysia Healthcare Indonesia:

SPACES, Lantai 3, WTC 3, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 29-31, Karet Sudirman, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia 12920

Telp/wa: 081289710029

Website: www.medicaltouristmalaysia.id

Instagram: @medtourismmy.id

Yuk cek up sejak dini!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply