Kompetisi

Ulang Tahun Paling Membahagiakan Sepanjang Kehidupan

ulang-tahun-paling-membahagiakan

Menjadi seorang ibu di usia 22 tahun, membuat saya belajar mengelola emosi dan mendewasakan diri dengan maksimal. Berkutat dengan ganti-mengganti popok bayi, memberi ASI ekslusif, memandikan bayi yang mulai lincah bergerak, hingga menidurkan bayi yang kadang-kadang harus dimulai dengan nyanyian atau bacaan dongeng. Kerewelan yang terjadi dari hari ke hari menjadikan sabar dan ikhlas sebagai garda terdepan. Dan pastinya saya tetap bahagia.

Dengan sekelumit aktivitas itu, bagaimana saya melalui hari ulang tahun?

Jauh hari sebelum hari lahir pada tanggal 30 April yang lalu, saya sibuk mengumpulkan resep MPASI, mencari-cari high chair yang cocok dengan kantong suami juga berbelanja peralatan MPASI Kizain. Ya, Kizain lulus ASI Ekslusif bertepatan dengan hari ulang tahun saya.

Dua tahun belakangan, setiap menuju ulang tahun, saya pasti selalu sibuk mengingatkan orang tentang tanggal lahir saya. Supaya apa? Supaya banyak yang ucapin. Tak lupa juga saya todong suami, bunda, ayah juga adik-adik saya untuk memberi kado. Rasanya super bahagia kalau banyak yang peduli pada hari lahir saya. Hahaha, lucu banget kan?

Tapi, setelah punya anak rasanya jadi berbeda. Ucapan itu tak lagi saya butuhkan, melainkan saya merasa harus memenuhi kebutuhan anak saya. Berkali-kali abang bertanya ingin dihadiahi apa,  dan selalu saya jawab dengan gelengan. Saya cuma ingin dibelikan high chair untuk Kizain, dan Abangpun menyanggupinya. Seketika sayapun memeluknya gembira.

ulang-tahun-paling-membahagiakan

Di malam hari sebelum hari ulang tahun saya, terasa sulit sekali untuk tidur. Bukan karena penasaran siapa yang mengirimkan sms ataupun mengucapkan happy birthday via media sosial pertama kali, tapi saya malah terpikir tentang MPASI Kizain esok hari. Apakah resepnya benar? Bagaimana nanti reaksi Kizain? Pikiran berputar dan tak terasa telah pukul 02.00 dini hari hingga akhirnya sayapun tertidur.

Esok harinya, saya dibangunkan dengan kecupan ulang tahun yang hangat dari suami, beserta doa dan pelukannya yang menenangkan. Lalu dilanjutkan dengan menyiapkan sarapan suami dan resep hasil menyontek untuk MPASI perdana Kizain.

Dan ketika Kizain saya suapkan bubur beras merah, alhamdulillah reaksinya menyenangkan hati saya. Tanpa rewel dan drama berkepanjangan, ia lahap dan nambah! Mungkin porsi yang saya taruh tadi masih kurang untuk lambungnya. Walaupun begitu, saya terasa sangat gembira.

Di sore harinya, Abang mengajak saya dan Kizain berkeliling di Blangpadang. Baru saja memarkir motor, tidak jauh kelihatan kerumunan orang ramai yang lagi joget bareng, alias flashmob. Langsung saya ajak suami untuk ikutan, eh tapi si Abang gamau. Katanya malu joget-joget gak jelas di depan umum. Ah, rasanya udah lama banget gak bergerak bebas dan unjuk diri semenjak melahirkan, dan begitu ada kesempatan, eh malah gak dikasih. Hiks.

Dengan wajah yang sedikit cemberut, abang pun menggandeng tangan saya menuju tempat flashmob itu. Saya merasa gak enak dan bilang kalau gapapa gak ikutan. Yang penting Abang gak marah dan jalan-jalan sorenya lancar jaya. Tapi tiba-tiba abang bilang, “Masuk terus barisannya gih, entar keburu suara musiknya mati lagi.”

Eh serius nih? Abang ngizinin? Saya coba pastikan dan jawaban abang pun sama. Begitu saya mau masuk barisan, musiknya pun habis. Yah gagal deh. Hati yang tadi akan kembang, mendadak ciut bagai rasa jeruk nipis kecut.

Namun ternyata, saya salah. Kerumunan flashmob tadi belum bubar. Musik Gemufamire pun diputar dan abang langsung mendorong saya untuk masuk ke barisan. Kami semua joget lagi dan sungguh, ini pengalaman paling membahagiakan!

Tak sampai disitu, saya pun menarik abang yang lagi gendong Kizain untuk masuk ke dalam lingkaran flashmob. Saya takut sebenarnya abang akan uring-uringan setelah joget ini selesai. Karena saya tau dengan sangat yakin, beliau introvert garis keras. Tapi lagi-lagi saya salah, ternyata abang menyodorkan diri dan ikut berjoget dengan saya.

ulang tahun

“Biar adek bahagia di hari lahir,” ucapnya saat kami sedang asik mengikuti gerakan instruktur. Sontak saya memeluk abang di tengah ramainya orang.

Yeay! Sayapun bisa menikmati kembali rasanya bergerak bebas hingga berkeringat dan yang membuat saya gembira adalah turut sertanya suami dan anak dalam keceriaan saya.

Tak sampai disitu saja, setibanya kami di rumah, saya dikejutkan dengan kue ulang tahun dari ayah dan bunda. Tak disangka, ternyata ayah dan bunda ingat hari ulangtahun saya tanpa perlu saya ingatkan. Hingga akhirnya dilanjutkan dengan acara potong-memotong kue ulang tahun.

ulang-tahun-palig-membahagiakan

Malamnya, ketika Kizain sudah duluan terlelap dan kami beranjak tidur, seperti biasa waktu introspeksi diri hadir kembali. Saya dan abang mengobrol, berbincang dan mengumumkan mimpi satu sama lain. Tiba-tiba saya ingat dua lomba blog yang sedang saya ikuti. Saya pun mengecek email dan fanpage yang bersangkutan.

Begitu buka laptop, saya baru sadar kalau paket internet udah habis. Lalu tiba-tiba abang menyodorkan kartu paket baru dan berkata “Tadi habis magrib abang sempatkan beli, buruan gih cek pengumumannya.”

Aaaah, abang. Tau aja deh adeknya bagai butiran debu tanpa kuota internet. Tanpa babibu, saya langsung sign in!

Dan begitu cek email, Alhamdulillaah.. Saya ditetapkan sebagai pemenang 1 lomba blog dari TeknoJurnal dan sebagai pemenang 50 hampers Lactacyd.

ulang tahun

Saya menatap abang tak percaya. Dia hanya tersenyum sembari berkata, “Selamat, sayang. Mendahulukan orang lain di hari bahagia membuahkan hasil yang manis. Hadiah impian adek itu datang karena Allah tau yang adek butuhkan tanpa perlu adek umbar, kan?”

Maka, itulah kebahagiaan di hari ulang tahun ke 22 saya. Kebahagiaan menjadi ibu, memprioritaskan dirinya dari semua keegoisan saya.

Dan untuk warung blogger, terimakasih sudah menerima saya sebagai anggota grup pojok WB. Mengingatkan pentingnya blogwalking, saling berkomentar dan membaca konten teman dengan seksama. Terimakasih juga karena mengajarkan saya untuk mengucapkan selamat tinggal pada kalimat komentar berbentuk Spam. Menggantinya dengan komentar yang sesuai dengan isi konten.

Happy #5TahunWB! Jangan bergeming dan menjadikan diri mematung tak berdaya. Beranjaklah, meroketlah, bergeraklah!

Banda Aceh, 25 Mei 2016

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog ulangtahun kelima Warung Blogger

You Might Also Like

25 Comments

  • Reply
    TITIS AYUNINGSIH
    25 May 2016 at 22:18

    Semoga makin berkah hidupnya kakak ayi

  • Reply
    Dewi Ratih
    25 May 2016 at 23:06

    Warbiyasa Ai… Penuh kejutan ya ultahnya, selamat ya bunda kizain <3 pengen liat deh Ai flashmob-an hihi 😉

    • Reply
      cutdekayi
      3 June 2016 at 11:59

      Hihi mamiii iiih. Udah lama ga bergerak ini badan, jadi lucu pas liat videonya hahaha

  • Reply
    Hastira
    26 May 2016 at 03:13

    kejutan manis, selamat ulang tahun

  • Reply
    Nurul Fitri Fatkhani
    26 May 2016 at 04:34

    Wah, hadiah yang tidak terduga ya dek.. Dapat pengumuman jadi pemenang lomba di hari ulang tahun.
    Selamat ulang tahun dan selamat jadi pemenang lombanya ya… Sukses selalu.

    • Reply
      cutdekayi
      3 June 2016 at 12:02

      Iya mbak nurul, alhamdulillah. sengaja ikut sih biar dapet hadiah ultah, Alhamdulillah rezekinya memang dapet ;’D

  • Reply
    Intan Novriza Kamala Sari
    26 May 2016 at 04:35

    Yaaay. Happynyaaaa..
    Semoga menang ya Ayi 😀

    • Reply
      cutdekayi
      3 June 2016 at 12:03

      Alhamdulillaaah menaaaang hehehe

  • Reply
    Ipeh Alena
    26 May 2016 at 06:08

    Ummu Kizain sudah berganti usia. Semoga semakin disayang Allah. Flashmobnya dadakan ga? Pengen liat jadinya, ga ada video flashmobnya kah? Huhuhu

    • Reply
      cutdekayi
      3 June 2016 at 12:03

      Dadakan, mba ipeh. Tapi ada videonya. Malu tapinyaaaaa hahahaa

  • Reply
    Agung Rangga
    26 May 2016 at 06:12

    Keren mbak! 😀
    Semoga kali ini menang juga ya~

  • Reply
    Ika Puspitasari
    26 May 2016 at 12:03

    Aiih senengnyaaa….semoga kalian berdua rukun bahagia selamanya,..
    semoga akan ada kejutan manis lainnya di hari jadimu ya, dek

    • Reply
      cutdekayi
      3 June 2016 at 12:05

      Aamiin, alhamdulillah. Makasih mba ika :*

  • Reply
    Khoirur Rohmah
    26 May 2016 at 15:12

    subhanallah…
    Mbak Ayi… sungguh bahagia pastinya ya mbak.e dikelilingi org tercinta di hari ulang tahun smpean
    Samawa ya mbak Ayi… ^_^

  • Reply
    uni dzalika
    31 May 2016 at 10:23

    AAAAAAK MANIS SEKALI! :’)

    Oh ya, makasih sudah berpartisipasi dalam lomba ini :)

  • Reply
    Eva Sri Rahayu
    1 June 2016 at 11:35

    Wah seru ya ikutan flashmob, Mbak. Saya belum pernah ikutan. Kayaknya menarik.
    Mbak sungguh ibu dan istri yang baik 😍😍😍

    • Reply
      cutdekayi
      3 June 2016 at 12:11

      Waaah aku dikomen sama mbak yang masuk tipi kemariiiin. Makasih mba sudah mampir di sini, aku senaaaang hehehe..

      Aamiiin makaaih doanya mba eva sayaang

  • Reply
    Evi Sri Rezeki
    1 June 2016 at 14:17

    Keren Mbak. Semoga bayinya sehat-sehat dan Mbak beserta suami selalu bahagia :)

    • Reply
      cutdekayi
      3 June 2016 at 12:12

      Aamiiin seneng deh dikomen sama mba yang pernah masuk tivi. Hihi. Smg mba evi jg selalu sehat dan bahagia yaa

  • Reply
    ophi ziadah
    8 June 2016 at 11:16

    wajah adek Aceh bangeet yaa hihihi…aku jadi inget temen kuliah yg asli Aceh, type2nya khas

  • Leave a Reply