Blogging

Tips Memilih dan Menentukan Nama Blog

tips-memilih-nama-blog cutdekayi.com

Sudah hari ketiga aja gaes, masih semangat kan? Tiap nengokin jam, saya selalu deg degan, kira-kira hari ini bisa ikut challengenya ga ya? Ehm bagi yang belum tau, saya (dan banyak blogger lainnya) sedang ikutan challenge 30 Hari Menulis Blog sesuai tema yang bisa dicek di websiter maupun media sosial Blogger Perempuan. Dan hari ini sudah hari ketiga, yang tandanya ada 3 tulisan yang sudah disubmit :)

Nah, sesuai tema hari 3 yaitu alasan menggunakan nama domain (nama blog) sekarang, saya mau cerita sedikit nih tentang lika-liku nama blog saya, berikut tips n trik buat temen-temen yang lagi mikirin nama blognya, atau lagi on the way beli domain. Biar ga salah beli jadi hangus deh uangnya hihihi.

Dulu, sebelum cutdekayi, nama blog saya aneh-aneh. Mulai dari nama lengkap, pernah. Ujung belakang (?) nama, pernah. Hati yang tersakiti, pernah, be a good muslimah (aamiin) pernah, dan lain-lain. Jujur ini mah cuma yang saya inget aja ya. Gatau berapa kali gamti nama deh hahaha.

Lho, bisa gonta ganti nama tah? Iya, bisa, kalo masih di platform gratisan. Saat itu saya ngeblog mulai dari multiply dan berujung di blogspot. Semuanya kadang saya gantiin namanya perbulan, atau sesuai mood saya aja gitu hahaha. Atau bikin blog baru dengan nama yang baru lagi. Isinya apa? Curhat my guuurl!

Tapi, setelah menjelma menjadi blog yang lebih waras, alias berbayar, saya ga bisa ngotak-ngatik namanya lagi. Karena kan nama blog (domain) ini kita beli ke penyedia. Jadi, dari awal udah di SAHkan bahwa blog kita beralamatkan tersebut.

Kenapa milih www.cutdekayi.com?

Saat itu tahun 2014, saya baru banget nikah, baru banget kenal sama yang namanya personal branding, tapi belum paham banget, Dari sana saya tau kalo usahakan nama blog berikut media sosial yang saya punya beralamat sama. Jadi, ketika ada orang yang pengen kepo dan kenal kita lebih jauh, lebih mudah menghafal nama yang telah terbranding itu, dibanding nama-nama yang lain.

Maka dari itulah karena media sosial saya (twitter dan instagram) sudah @cutdekayi, akhirnya saya memutuskan membeli domain www.cutdekayi.com. Bagi saya ini nama yang simple, mudah saya ucapkan, dan (semoga) nama ini bisa membawa jati diri saya #tsaah.

Oke belum kejawab ya kenapa cutdekayi? Hmm, awalnya nama cutdekayi ini saya bikin buat twitter, di tahun 2009. Pada saat itu saya bikin nama cutdekayi, status saya adalah seorang pelajar yang sedang merantau. Jadi intinya saya pengen dengan nama ini temen2 yang follow tau kalo saya itu adalah orang Aceh.

Saya memang mengidamkan banget punya nama depan Cut, biar orang-orang tau kalo saya asalnya dari Aceh. Dan terbukti hingga kini, kalo ada acara keluar kota dan saya pake nama cutdekayi orang langsung tau ‘ini pasti delegasi Aceh’ huehehe.

Terus Dekayi. Sebenernya ini pisahan kata ya gengs, Dek dan Ayi. Jadi maksudnya adalah Cut Adek Ayi, yang artinya kalo di Aceh itu seorang adik bernama Ayi. Ngerti ga? 🙄🤓

Saya itu anak sulung, tapi karena dua adik saya laki-laki dan Ayah saya pun memanjakan saya, jadi saya malah jatohnya bukan jadi kakak. Tapi adek. Mereka jauh lebih dewasa daripada qaqanya ini yang mellow dan galaw ga jelas, hahaha.

Terus habis itu saya dilamar oleh seorang laki-laki yang saya panggil abang. Jadilah saya merasa akan menjadi Adik selamanya. Cocok kan ya dengan maksud nama cutdekayi? :p

Gatau kenapa meskipun hari ini umur saya menjelang 25 tahun, yang artinya bukan adek-adek lagi, saya seneng aja make nama itu. Semoga pembaca setia cutdekayi ga eneg setelah membaca penjelasan ini ya huahahahahaha.

Oke setelah saya jelasin nama blog ini, saya mau ngasih tips n trik buat temen-temen yang baru mau beli domain, atau baru mau mulai masuk dunia blogging.

Tips Menentukan Nama Blog

Tipsnya gampang aja sih, yang pertama adalah ceki-ceki nama medsos dulu. Ada yang belum punya medsos di sini? Fyi medsos itu sangat mendukung kegiatan blogging kita loh. Ga menutup kemungkinan dari sana juga bisa masuk rentetan dollar (dollar men, aamiin).

Oke setelah cek nama medsos, pastikan twitter, IG dan Fb itu sejalan ya namanya. Beda dikit bolehlah, asal ga beda jauh. Misal di FB mau pakai nama pribadi, tapi  IG dan twitter sama, jadi si blog mau pakai nama asli sesuai FB, ya gapaapaa. Asal jangan semuanya beda. Tar kita yg bingung jelasin ke orang, ngafalnya apalagi. Eh pas mau ngejelasin malah kebolak-balik, kan lucuw.

Jangan pake nama alay. Tau lah ya nama alay? Cayangque padamu, cintaQue cuma qamue, dan usahakan ga pakai tanda titik koma apalagi underscore. karena pas ngejelasin atau nyebut orang, lidah belibet cuy.

The last one but not least is cek di penyedia domain. Masih ada ga ya nama yang kumau? Jangan sampai udah pusing tujuh keliling eh namanya udah dipake orang. Kan sediiiii akutuuuu..

Okeoke, ini sih buat yang blog pribadi. Gimana kalo blog-nya udah dikhususin banget pengen bahas apa? Contoh parenting, khususon parentiiiiing aja. Bisa mumberbicara, atau mumbelajar, atau apapun yang sejalan sama visi misi blog niche khusus yang mau kamu bawa.

Intinya sih kamu nyaman dan ikhlas bernama domain itu, maka jalankan! Segera bayar setelah request nama di penyedia domain. Kenapa harus ikhlas? Soalnya berbayar :p dan kalo udah dibeli, ga bisa minta balik uangnya 😭 Nah gitu yaaaaa. Jadi pikirin mateng-mateng sebelum beli domain, dan atau sesuaiin sama visi misi blog yang mau kamu bawa.

Kalau saya pribadi, karena memang ini blog pribadi dan isinya tulisan saya pribadi, saya nyaman menggunakan nama branding saya. Toh yang saya tulis juga opini dan pengalaman hari-hari, kan? :)

Oke jadi yang belum beli domain, masih ada waktu yaaa buat ceki-ceki dulu, mikir-mikir dulu, tapi jangan kelamaan. Takutnya udah diambil orang :'(

Salam,

cutdekayi

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply