Financial

Wakaf Untuk Investasi Akhirat di CIMB Niaga Syariah

Libur lebaran menjadi satu momen yang sangat dinantikan. Karena hampir setiap insan akan mudik ke kampung halaman. Saya jadi teringat momen lebaran di tahun 2013, di mana saya dan adik beradik dari keluarga Bunda turut serta dengan konvoi kendaraan menuju kampung halaman almarhumah Nenek. Almarhumah Nenek memang sudah tiada, namun kami harus tetap menyambung tali silaturahim dengan keluarga besar Nenek di kampung dan sebagai ahli waris, anak tertua Nenek harus menyelesaikan warisan Nenek.

Setibanya di sana, sebagaimana rencana awal, kami juga menyempatkan diri mencari jejak keluarga Nenek. Sebab Nenek memiliki banyak saudara tiri dan beliau merupakan anak tunggal dari anak seorang Raja pada jamannya.

Hingga sampai pada satu pembahasan, bahwa sepetak tanah di salah satu sudut desa adalah tanah Nenek yang dengan niat akan diwakafkan untuk masyarakat sekitar, sebagaimana hadist Nabi yang berbunyi, ““Apabila seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya kecuali 3 sumber, yaitu sedekah jariyah (Wakaf), ilmu pengetahuan yang bisa diambil manfaatnya, dan anak soleh yang mendoakannya”.

Dan kami diminta untuk melegalisasikannya sebagaimana surat wasiat Nenek. Namun saya yang saat itu belum tau banyak tentang wakaf punya banyak pertanyaan terselubung. Lambat laun kekepoan saya meningkat tinggi ketika melihat banyak tulisan “Tanah ini Diwakafkan” di beberapa sudut kota. Belum lagi ketika remaja masjid beberapa kali memberikan pengumuman tentang permintaan tanah sekitar masjid untuk diwakafkan untuk masjid. Dan berbekal keingintahuan tersebut, saya makin rajin buat cari tau tentang wakaf.

Pengertian Wakaf
Wakaf adalah pembuatan hukum wakif (pemberi harta) untuk memisahkah atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya, atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah atau kesejahteraan umum sesuai syariah (UU No. 41 tahun 2004)

Sebagaimana pengertian tersebut ternyata memang wakaf itu sebaiknya tidak hanya warisan dari yang sudah meninggal. Namun bisa juga kita sejak sekarang memikirkan wakaf apa yang bisa berikan untuk agama dan ummat?
Teman-teman pernah terpikir ga sih pengen mewakafkan apa gitu? Tapi balik lagi kudu punya modal, ya!

Nah, ngomongin soal modal, ternyata ada salah satu bank yang menerapkan program ini, yaitu CIMB Niaga Syariah yang akan segera disosialisasikan di Banda Aceh.

Program Wakaf dari CIMB Niaga Syariah
LKS – PWU CIMB Niaga Syariah menawarkan 2 program wakaf yaitu:
– Wakaf Uang
– Wakaf Melalui Uang
Dengan program Tabungan iB- Mapan:
1. Tabungan iB Mapan – Berhadiah Wakaf
2. Tabungan iB Mapan – Menabung untuk Wakaf

Yang mana program tabungan iB Mapan menggunakan prinsip akad Mudharabah (Bagi Hasil) dengan HADIAH NOMINAL Wakaf Melalui Uang sesuai dengan jumlah setoran awal tabungan, dan jangka waktu tabungan nasabah. NOMINAL Wakaf Melalui Uang tersebut nantinya akan dibelikan barang atau objek tertentu sesuai program dari lembaga pengelola wakaf (NAZHIR) atau diinvestasikan di instrumen keuangan syariah yang kemudian manfaat dan bagi hasilnya untuk kesejahteraan Penerima Wakaf (Mauquf Alaih).

Tertarik mencoba? Saya sih tertarik bahkan pengen buat nanya langsung gimana sistemnya dan berapa nominal uang perbulan yang kita sisihkan. Hitung-hitung investasi masa depan juga investasi akhirat, kan?

Syarat & Ketentuan Tabungan iB Mapan Berhadiah Wakaf:

1. Nasabah mengisi Aplikasi Pembukaan Rekening Tabungan iB Mapan.
2. Nasabah mengisi aplikasi Keikutsertaan program hadiah Tabungan iB Mapan berhadiah Wakaf.
3. HADIAH NOMINAL WAKAF MELALUI UANG tersebut akan langsung disetorkan ke Rekening Lembaga Pengelola Zakat (NAZHIR) yang dipilih selama 14 hari kerja untuk dikelola setelah periode tabungan berakhir.
4. Nasabah yang mendapat Hadiah Wakaf minimal Rp 1.000.000 ke atas, akan mendapatkan Sertifikat Wakaf dari Bank CIMB Niaga Syariah.
5. Skema dapat berubah sesuai dengan kebijakan Bank CIMB Niaga Syariah.

Jadi sudah bisa nih ancang-ancang investasi wakaf mulai dari sekarang. Dan mulai menabung untuk masa depan akhirat.

Yuk mulai sisihkan penghasilan untuk merealisasikan wakaf diri. Tidak ada yang akan menolong kita di akhirat selain amal jariyah yang tak terputus pahalanya.

2 Comments

  • Reply
    Mugniar
    24 September 2019 at 17:59

    Saya baru tahu ada CIMB Niaga Syariah.
    Alhamdulillah sekarang banyak bank syariah juga sudah pada memfasilitasi wakaf ya

  • Reply
    Ria Rochma
    2 October 2019 at 16:29

    Iya ya Dek, aku belum kepikiran soal tabungan wakaf. Yang ada, kalau ingin menyumbang, ya sumbang saja. Belum sampai kepikiran begini.

  • Leave a Reply