Pesona Indonesia

Festival Sriwijaya Meriahkan Asian Games 2018

festival sriwijaya

Siapa yang pernah ke Palembang? Jujur, saya belum. Tapi saya punya beberapa teman yang asli orang Palembang. Salah satu kulinernya yang sangat terkenal, yaitu empek-empek, merupakan kuliner yang sangat saya sukai. Ingin hati makan empek-empek di pinggir Sungai Musi, namun hingga kini belum terealisasi.

Kini nama Palembang mulai disebut-sebut lagi. Selain karena tempatnya Sungai Musi dan empek-empek berada, kali ini ada yang berbeda dan membuat mata dunia tertuju padanya. Ya, Asian Games 2018. Asian games 2018 akan dilaksanakan di dua tuan rumah, Jakarta dan Palembang. Pemerintah menaruh perhatian lebih ke Kota Palembang ini dan mulai memperbaiki segala fasilitas yang ada hingga mengadakan beberapa Pesta Rakyat sebagai dukungan terhadap Asian Games 2018.

Source ist

Source ist

Salah satunya adalah Festival Sriwijaya.

Festival Sriwijaya yang resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) ini merupakan festival tahunan di Kota Palembang. Dan tahun ini adalah momen yang tepat untuk mengenalkan Festival Sriwijaya pada dunia internasional sebab bertepatan dengan Asian Games 2018 yang akan berpusat di Palembang dan Jakarta. Pemerintah sendiri menyatakan bahwa Festival Sriwijaya diharapkan mampu menjadi penyemarak Asian Games 2018 dan menghibur setiap turis yang datang menyaksikan atlit negara mereka bertanding.

Pembukaan Festival Sriwijaya sendiri diisi dengan atraksi seni budaya orkestra Sriwijaya, sejarah Kerajaan Sriwijaya oleh Diaspora Sriwijaya dan atraksi wayang Palembang. Salah satu yang menjadi daya tarik festival tahun ini adalah Lomba Bidar Tradisional dan Perahu Hias di Sungai Musi. Kita ketahui bersama bahwa sungai Musi adalah sungai terpanjang di Indonesia. Dan di sinilah perahu hias tersebut akan berlayar.

Source: ist

Source: ist

Festival yang digelar pada tanggal 22-27 Agustus 2018 ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengenalkan Sriwijaya kepada dunia. Sebab digadang-gadangkan Palembang diserbu 50 ribu wisatawan mancanegara yang datang ke Palembang saat Asian Games 2018.

Salah satu spot yang tinggi pemasukannya adalah kuliner dan belanja oleh-oleh, sekitar 30-40%. Maka dari itu spot kuliner dan oleh-oleh khas Palembang jangan disia-siakan untuk diisi masyarakat karena wisatawan akan mencoba merasakan bagaimana kelezatan kuliner Palembang dan siap bawa pulang oleh-oleh dari Palembang ke negara asalnya.

Empek-empek (source: ist)

Empek-empek (source: ist)

Selain spot kuliner dan oleh-oleh khas Palembang, ada panggung yang menampilkan pertunjukanmusik etnik, parade musik jalanan, parade dul muluk dan pertunjukan budaya dari kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Nah, kalo temen-temen baru berencana ke Palembang awal September, jangan khawatir, karena Festivalnya sendiri digelar mulai 8 Agustus yang lalu dan berakhir tanggal 2 September 2018. Pertunjukannya macam-macam, mulai dari stand UKM, komunitas, seni kebudayaan dan para pelaku wisata. Banyak banget spot yang bisa teman-teman datangi selama ke Festival Sriwijaya di Palembang ini.

Bukan hanya festival, pemerintah juga menawarkan paket wisata tur kota tiga hari di Palembang dan atau perjalanan belanja 4 hari. Lumayan, kan? Bagi para atlit Asian Games dan sudah selesai bertanding, bisa banget ikut tur ini. Lumayan untuk merefreshkan pikiran sebelum nanti saatnya kembali bertanding di laga berikutnya.

Tujuan Festival Sriwijaya sendiri adalah untuk melestarikan nilai-nilai budaya, meningkatkan citra Sumsel sebagai daerah tujuan wisata. Semoga ke depannya wisatawan mancanagera bisa memasukkan Palembang sebagai destinasi wisata mereka ke Indonesia. Alhamdulillah, sukses terus untuk Palembang, Asian Games dan Indonesia.

Kalian sudah ada yang pernah ke Palembang? Atau bahkan hadir saat Festival Sriwijaya? Yuk sini bagi ceritanya ^^

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply