Pesona Indonesia

Pesona Danau Sentarum dan Rangkaian Festivalnya

source ist

Dulu pas belajar IPS jaman SD dan SMP, setiap disebut Kalimantan, pasti yang diingat adalah Pontianak. Yaitu suatu kota yang terletak pada garis khatulistiwa.

Namun sekarang saat disebut Kalimantan, yang terngiang adalah keindahan alamnya. Orang utannya pun menjadi keunikan tersendiri. Banyak teman-teman saya lulusan kedokteran hewan memilih kerja di Kalimantan.

Kalimantan adalah sebuah pulau yang terletak di wilayah Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan berbatasan dengan Serawak, Malaysia. Berbicara tentang perbatasan ini, ternyata yang berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia adalah Kabupaten Kapuas Hulu yang terletak Pulau Borneo, Kalimantan Barat.

Ngomongin soal Kalimantan Barat, ternyata ada lokasi pariwisata yang indah dan sudah menasional, yaitu Taman Nasional Danau Sentarum yang terletak di Kapuas Hulu. Festival Danau Sentarum (FDS) merupakan salah satu upaya dalam memperkenalkan daya tarik pariwisata Kapuas Hulu. Event festival ini juga merupakan upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kapuas Hulu melalui beberapa pintu masuk (entry point):

  1. Entry Point Pontianak
  2. Entry Point PLBN (Pintu Lintas Batas Negara),

Selain meningkatkan kunjungan wisata, diharapkan Pesona Danau Sentarum dapat meningkatkan rasa bangga masyarakat akan alam dan budaya yang dimiliki Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Selanjutnya peluang ekonomi akan didapatkan oleh masyarakat sekitar. Dengan begitu mereka akan mulai berfikir kreatif tentang apa yang harus mereka hasilkan demi meningkatkan perekonomian.

source ist

source ist

Festival Danau Sentarum sendiri akan diisi dengan acara bertaraf internasional, sebab kaan melibatkan saudara-saudara kita di sisi Serawak, Malaysia. Kegiatan Danau Sentarum sendiri akan dilaksanakan di 4 tempat:

  1. Putussibau, sebagai kota kabupaten Kapuas Hulu
  2. Lanjak, kecamatan yang berada dalam kawasan danau sentarum, sebagai pusat kegiatan
  3. Badau, sebagai kota di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia,
  4. Sriaman, sebagai kota starting point di Jantung Borneo

Festival Danau Sentarum dilaksanakan pada 25-28 Oktober 2018, yang mana kegiatannya adalah Danau Sentarum Cruise, yaitu aktivitas menyusuri Danau Sentarum dengan menggunakan kapal motor khas Kapuas Hulu yang disebut Kapal Bandong. Penasaran ga sih gimana bentuk Kapal Bandong? Yap, udah bisa pesen tiket nih, mumpung Oktober masih lama, ya kan?

Selain Danau Sentarum Cruise, ada juga parade perahu tradisional, yang mana juga sama seperti  Danau Sentarum Cruise, bedanya hanya di perahunya, parade ini merupakan aktivitas menyusuri Danau Sentarum dengan menggunakan perahu hias khas masyarakat Dayak yang disebut Parau Tambe.

Pengunjung juga akan dihibur dengan Sentarum Ethnic Music festival, yaitu sebuah pergelaran seni dan tradisi masyarakat Kapuas Hulu, mulai dari seni tari, musik dan kesenian lainnya.  Selain itu, juga ada Karnaval, di mana parade minum maduk organik yang dihasilkan dari Danau Sentarum dan diikuti oleh ribuan orang termasuk masyarakat lokal dengan menggunakan pakaian adat masing-masing.

Ada juga Kontes Arwana Super red (Scheplohagus formosus),  merupakan kontes ikan khas Kapuas Hulu yang terkenal akan kemahalannya di dunia dan akan dihelat di Putussibau. Ribuan ikan akan diperlombakan di festival ini. Dan masih banyak event keren lainnya! Penasaran kan?

source ist

source ist

Tenang, karena festival danau sentarum sudah dijadikan agenda tahunan oleh pemerintah  Kabupaten Kapuas Hulu. Sehingga tiap tahun wisatawan dipersilakan dengan senang hati untuk datang dan meramaikan festival ini. Semoga festivalnya berjalan lancar ya! Bagi temen-temen yang dekat dengan Kalimantan Barat, sangat ditunggu kehadirannya untuk menyemarakkan event ini. Silakan disebar luaskan dan ajak temanmu sebanyak-banyaknya. ^^

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply