Tips Ibu

Persiapan Ibu Sebelum Bayi MPASI

persiapan-mpasi

Alhamdulillah, Kizain sudah lulus ASI ekslusif. Dari awal, saya meminta tolong abang untuk menguatkan saya di tengah banyaknya komentar orang untuk ini dan itu. Mulai dari ASI saya yang tidak cukup, anak ga bisa nyusu, anak yang masih lapar, hingga anak dia yang BAIK-BAIK saja meski sudah dikasih pisang sejak dua minggu umur bayinya di dunia.

Saya cukup menjawab dengan senyum setiap komentar yang berdatangan. Eh beneran? Haha. Percaya aja.

Saya panik? Khawatir? Sempat iya, namun tidak lama. Selanjutnya saya kembali mencari referensi sana sini bahwa ASI saya insya Allah cukup.

Dan terbukti, dari berat badan Kizain yang menurut pantauan kartu KMS, ASInya cukup. Kizain lahir 3,4 kg dan sekarang beratnya sudah 8,8 kg. Alhamdulillah. Kizain bobopun nyenyak, ceria bahkan jarang sekali rewel kecuali abis imunisasi 😀

Menyambut MPASInya Kizain, saya sudah mempersiapkan hal-hal sebelum bayi MPASI. Apa aja?

Persiapan Sebelum MPASI

1. Alat Makan Bayi

Saya alhamdulillah dapat kado dari teman isinya feeding set baby, lengkap mulai dari tempat makan, minum, sendok kecil dan garpu. Jadi, saya ga perlu susah-susah hunting ke toko bayi karena godaannya cukup beraattttt kalo harus nangkring di sana.

persiapan-mpasi

Foto saat MPASI, Akhir April 2016

2. Peralatan yang Mendukung Lainnya

Setiap Ibu biasanya punya andalan tersendiri, mulai dari penghangat makanan sampai alat buat ngebejek makanan. Kalo saya sih masih pakai saringan kawat aja buat ngebejek makanan Kizain yang masih sedikit, plus blender. Yang dua ini insya Allah udah bikin tentram kalo ada di rumah. Yang lainnya sih sebagaimana perlunya si Ibu aja.

Kaya high chair, saya belum pakein ke Kizain karena anak saya kalo duduk di sana sering majuin badan ke depan dan dadanya kejepit. Jadi Kizain kurang nyaman.

Jadi, selama MPASI saya minta tolong dia didudukin di badannya abang, atau kalo abang lagi kerja saya dudukkin di depan badan saya lalu kami menghadap cermin, karena Kizain sangat antusias melihat wajahnya di cermin ;’D atau saya juga pernah coba dudukkin Kizain di tumpukan bantal, tapi tetap saya pegang biar anaknya ga merangkak ke mana-mana.

3. Resep

Ini penting bagi emak (tidak) kreatif macam saya. Sejak Kizain berumur 3 bulan saya sudah wara-wiri ke beberapa website tentang resep MPASI 6 bulan. Juga resep dari beberapa foto MPASI anaknya teman yang di share di akun medsos.

Tapi saya ga gitu aja nyonteknya, saya tetap cari referensi karena saya takut anak kurang suka atau MPASInya kurang bergizi. Ya semacam itulah. Tapi alhamdulillah, kekhawatiran saya ga berlanjut.

Jadi, dengan adanya resep, saya jadi ga bingung mau MPASI apa hari ini. Biasanya sih saya siapin sehari sebelumnya. Jadi besoknya ga kejar-kejaran sama waktu tidurnya anak.

4. Sudah Punya Slaber/Celemek?

Saya kurang nyaman kalo anak saya kotor. Padahal berani kotor itu baik, kan? Saya pakein celemek biar bajunya ga kena tumpahan MPASI atau tumpahan air putih.

Sebenarnya ga pake celemek juga bisa, sih. Cuma kasian aja anaknya berbasah-basah ria, apalagi kalo udah mandi hihi.

persiapan MPASI 2

5.Terus Belajar dan Senantiasa Berdoa

Menjadi Ibu bukan soal meniru orang lain. Tapi butuh terus belajar dan cari tau makanan yang bergizi, soal lemak tambahan, ataupun bagaimana jika anak tersedak dan mengalami GTM (gerakan tutup mulut).

Jangan lupa berdoa, biar anak sehat, tetap ceria dan bahagia saat dikenalkan pada makanan tambahan. Jangan lupa juga tuk tetap berikan ASI, kapanpun dia mau.

6. Siapkan Mainan Kesukaannya Jika Anak Sudah Bosan

Ketika proses MPASI dihadang dengan kejenuhan, kita bisa mengajak bayi berbicara. Saya sering memberikan Kizain turtle dan fish sedari umurnya 3 bulan. Dan sekarang ampuh kalo Kizain udah rewel, saya kasih dua mainan itu, dia diam dan makannya lanjut lagi.

Dari sekarang ajak anak berbicara, libatkan dia dalam setiap aktivitas. Seolah-olah MPASI hari ini adalah hasil rundingan kalian berdua malam tadi.

Asik, kan? Hihi. Setiap ibu pasti bahagia banget rasanya menanti hari di mana anaknya akan MPASI. Sayapun begitu.

Mungkin cuma itu aja sih yang saya siapin sebelum Kizain MPASI. Ada tambahan, moms? :)

Banda Aceh, 3 Mei 2016

@cutdekayi

You Might Also Like

10 Comments

  • Reply
    Elisamonic
    12 May 2016 at 10:05

    lucunya kizain yaampun.. sejauh ini gimana kizain dengan mpasi nya?

    • Reply
      cutdekayi
      13 May 2016 at 22:41

      Lancar jaya tanteee. Masih sama buah dan sayur. Mungkin minggu depan baru nyoba udang, ikan dan telur. Yeay!

  • Reply
    evrinasp
    15 May 2016 at 06:04

    dulu aku nyoba pakai metode BLW, seneng banget, kadang juga aku suapin, masa2 pertama MPASI seru pastinya, gemes lihat anak makan belepotan

    • Reply
      cutdekayi
      15 May 2016 at 11:35

      Aku juga nyoba BLW mba evrina, ya gitu. Mesti sabar yaaa T.T

  • Reply
    Adriana dian
    15 May 2016 at 11:17

    Kizain udah besar yaaaa, udah mpasi ajaaa. Hihi. Sehat-sehat terus ya ganteng 😀 salam sayang dari Jakartaaa

    • Reply
      cutdekayi
      15 May 2016 at 11:36

      Iya mama dian, alhamdulillah. Tapi emaknya kurang kreatif, makannya belum nyoba ke protein hewani niih.. Semoga kt bs meetup ya mamaaa

  • Reply
    Dewi Ratih
    15 May 2016 at 12:46

    Deg degan ga bunda pas mau mpasi? Mba dulu sampe galau2 gitu Ai bbrp hari mw mpasi, hihi..seru ya..mam yg byk dede Kizain :*

  • Reply
    mariana
    15 May 2016 at 16:44

    resep mpasi biar variatif kadang suka ngintip cerita emak2 yang udah pengalaman ngasih MPASI sama anaknya.. penting banget resep nya

  • Reply
    kania
    16 May 2016 at 08:31

    siap2 mleber mleber ya noda dimana-mana? rempong tp asik karena anak mulai makan, ibunya harus kreatif nyiapin makanannya selamat berjuang Ayiiii

  • Reply
    ali shodiqin
    16 May 2016 at 09:53

    gemes sama dedeknya itu,.. pengen cubit pipinya.hehe

  • Leave a Reply