Review

Persiapan Ibu Hamil

cara-cepat-hamil

Kehamilan adalah kabar yang menggembirakan. Bagi mertua, ayah dan ibu kandung dan tak terkecuali bagi pasangan itu sendiri. Melihat garis dua di testpack membuat syukur terus terucap dari ujung bibir.

Begitulah yang saya rasakan saat mengetahui hamil Kizain dulu. Perasaan gembira dan deg-degan bercampur jadi satu. Saya yang pada saat itu baru dua bulan menikah, merasa linglung harus mempersiapkan apa saja untuk menyupport diri agar menjalani kehamilan yang menyenangkan.

Berbekal pengalaman kehamilan Kizain dulu, saya mau berbagi sedikit tips persiapan untuk ibu hamil nih. Apa saja kira-kira persiapan untuk ibu hamil? Atau yang sedang mempersiapkan kehamilan?

1. Sehat Mental dan Jasmani

Kesehatan adalah poin paling penting dalam menjalani kehamilan maupun sedang mempersiapkan kehamilan. Ibu hamil itu bukanlah seorang yang sakit, dan mereka butuh fisik yang strong untuk menjaga kehamilannya agar tetap nyaman. Kondisi jasmani yang kurang bersahabat akan membuat ibu jadi uring-uringan dan tidak bahagia. Ya, namanya aja orang sakit :’)

sumber : google

sumber : google

Sehat mental dan jasmani dibutuhkan oleh ibu hamil agar tidak terkejut saat kehamilan dianugrahkan kepadanya. Jauh-jauh hari sebaiknya kondisi yang dua ini diciptakan untuk stabil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ajak suami berdiskusi dan berpartisipasi menjaga kesehatan bersama-sama.

Selama menjalani kehamilanpun, kesehatan harus tetap dijaga. Menjaga tidak stress juga pikiran yang selalu positif. Setiap kondisi ibu, akan memengaruhi tumbuh kembang otak bayi. Jadi, bergembiralah :)

2. Memerhatikan Lingkungan dan Menjaga Kondisi Hati

Ibu hamil itu sensitif, gampang tersinggung, emosi tidak stabil dan segala macam-macam lainnya. Jadi, penting untuk diketahui bahwa berbaur dengan lingkungan yang baik dan agamis insya Allah akan membuat ibu hamil lebih bahagia.

Sejak dalam kandungan, bayi sudah mengetahui interaksi yang terjadi di luar rahim ibu. Bahkan ibu sedang sedihpn ia tau. Dan ia akan bereaksi. Beberapa kali saya lihat foto usg 4D di media sosial yang menyatakan bahwa janin juga akan sedih bila ibunya sedih. Ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengajak ngobrol bayi dan memperdengarkan ia bacaan qur’an yang menyejukkan.

sumber : google

sumber : google

Nah, gimana kalo lingkungan tidak agamis? Lagi-lagi, libatkan peran suami untuk terus menyupport istri saat di rumah maupun melalui pesan singkat saat tidak bersama. Ibu juga sebaiknya terus beristighfar, bertasbih dan bertahmid, memohon perlindungan dari Allah. Insya Allah, Allah akan selalu bersama orang yang menolong agamaNya. Tetap semangat ya, bu.

3. Memilih Pakaian yang Nyaman

Mengapa ini penting? Metabolisme tubuh saat hamil mengalami peningkatan. Ibu akan memproduksi keringat berlebih dan makin bertambah bulan, bobot ibu dan janin akan terus bertambah. Angka di timbangan akan bergeser ke kanan, bobot kita bertambah berat. Pemilihan pakaian menjadi satu poin penting agar ibu tetap nyaman beraktivitas.

Gimana cara memilih pakaian yang nyaman?

1. Pilihlah Pakaian yang Longgar

2. Pilihlah Bahan Kain yang Sejuk/Dingin

Sesuaikan pakaian-pakaian tersebut dengan keseharian ibu. Jangan karena menganggap setiap ibu hamil harus memakai daster, maka kitapun harus mengoleksi beragam daster. Hehehe.

Kini, banyak sekali ragam baju hamil yang dijual secara online sehingga tidak merepotkan ibu untuk keluar berpanas-panasan ke pasar. Harganya pun bervariatif. Dari puluhan hingga ratusan ribu. Tapi saya yakin ibu-ibu pasti pengen belanja lebih dari 1 pcs kan? Nah, saya punya jawabannya agar tetap hemat saat berbelanja baju hamil.

56218_xfh00261300000156_1_mama-hamil-baju-hamil-jumbo-biru-tua

Kita dapat memilih baju hamil murah yang nyaman di Mataharimall.com. Ibu dapat memilih sebagaimana selera ibu. Mulai dari baju untuk dipakai di rumah atau dibawa jalan-jalan. Mataharimall.com juga sedang mengadakan diskon, jadi baju hamil murah dapat segera ibu order sekarang juga. [sponsored post, refers to disclosure]

Kalau bagi saya yang sehari-hari memakai baju-baju yang longgar, baju hamil juga dapat saya gunakan untuk keseharian meskipun saya sedang tidak hamil. Berbelanja baju hamil bagaikan berbelanja baju baru untuk saya, karena dapat saya gunakan ketika sedang tidak hamil sekalipun.

Alhamdulillah, begitulah tips persiapan ibu hamil ala ala Bunda Kizain. Semoga bermanfaat, ya. Nah, kalo ibu-ibu lainnya, punya tips persiapan ibu hamil yang bagaimana nih? Yuk saling sharing :)

Banda Aceh, 18 Juli 2016

You Might Also Like

8 Comments

  • Reply
    Ibnu Syahri Ramadhan
    18 July 2016 at 15:53

    Ilmu 😀
    Terima kasih Ayi..
    Doakan abang, eh istri abang dikaruniai “amanah” itu :)

    • Reply
      cutdekayi
      19 July 2016 at 08:52

      Semoga Allah berikan di waktu yang tepat ya bang. Bismillah, insya Allah.

  • Reply
    Susindra
    18 July 2016 at 21:17

    Sehat rohani dan menjaga hati adalah cara terbaik menikmati kehamilan, sungguh. aku membuktikannya dalam dua kali kehamilan.
    Terima kasih sharingnya Kak Ayi! Maaf telat mampir nih

    • Reply
      cutdekayi
      19 July 2016 at 08:53

      Betul, Mbak Susi. Kalo bukan kita yang menggembirakan hati, siapa lagiiiii.. Terimakasih sudah mampir, Mbak.

  • Reply
    Indra3h
    18 July 2016 at 21:19

    Baju longgar, dari katun, tidak sesak di perut itu busana terbaik bumil ya.

    • Reply
      cutdekayi
      19 July 2016 at 08:54

      Betul, serba longgar deh pokoknya.

  • Reply
    Titis Ayuningsih
    27 July 2016 at 19:34

    wah, baju hamilnya bagus euy warnanya biru. Ibu hamil semoga aku rasakan nantinya :)

  • Reply
    Ipeh Alena
    1 August 2016 at 14:03

    Iya pakaian yang nyaman dan longgar rasanya enak banget kalo dipake ya Mba Ayi. Apalagi kalo bahannya katun. Etapi ada juga sih yg ga suka pake pakaian bahan katun (adek saya) :/

  • Leave a Reply