Cerita Bunda

Ngampus lagi, yuk!

“SPP udah abang bayar ya. Cari info terus kapan isi KRS. Nanti kita isi sama-sama di rumah.”
Begitu pesan yang masuk ke hpku siang ini. Mengingatkanku bahwa sebentar lagi aku harus menyelesaikan apa yang telah kumulai. Setelah non aktif saat hamil & melahirkan Kizain, kini aku kembali menyandang status sebagai mahasiswa aktif di fakultas kedokteran hewan unsyiah.

Beberapa kali aku menyatakan enggan kembali disibukkan dengan dunia perkuliahan. Aku ingin menjaga, bermain bersama Kizain 24 jam. Berkali-kali juga Abang menawarkan untuk masuk ke jurusan baru, atau mencoba ke universitas terbuka.

Tapi, setelah istikharah, aku kembali memantapkan niat untuk menyelesaikan studiku. Bukan semata untuk gelar, bukan semata agar cepat lulus dan mendapatkan ijazah. Namun untuk memberi makan otakku yang sudah gersang. Kuakui, aku rindu belajar. Dan aku butuh pembelajaran.

Stock ASIP kusiapkan jauh-jauh hari. Tidak banyak. Sehari cukup 1-2 kali pompa. Jadwal kuliahpun kusesuaikan dengan jadwal tidur pagi-sorenya Kizain yang kini telah teratur. Akupun telah bertekad, setiap selang waktu ke pelajaran selanjutnya, aku berjanji akan pulang dan menyusui Kizain. Begitu selesai perkuliahan, aku akan segera pulang.
Soal jaga menjaga sudah kupercayakan seratus satu persen kepada suamiku. Ayahnya langsung yang turun tangan untuk menjaganya. Kami belum berani untuk untuk menitipkan anak kami ke Daycare manapun.

Terakhir, ada yang harus kuberi pengertian. Yakni, hatiku. Setiap kali memandang anakku tidur, rasanya tak ingin meninggalkannya sekejap saja. Tak ingin pergi jika ia tak bersamaku. Jika rasa ini terlintas, aku mendadak jadi kurang mood untuk melanjutkan kuliah. Namun di sisi lain menyuruhku untuk bergegas mengenyahkan rasa itu.

Bismillah, mohon doa dan semangatnya temans. Insyaallah walaupun aku kembali kuliah, tidak akan melupakan kewajibanku sebagai ibu dan juga sebagai istri.

 

Banda Aceh, 26 Januari 2015
(6 hari menuju kuliah di semester genap)

 

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply
    Fitri Mahyuni
    14 March 2016 at 06:54

    Selalu terharu membaca kisahnya cutdekayi … Hamasah sahabat,, insyaallah ayii pastii kuat … ;( 😀

  • Reply
    Intan Novriza Kamala Sari
    1 April 2016 at 09:52

    Semangaaat mbaa Ayi 😀

  • Leave a Reply