Ramadan dan Mudik Lebaran

Mudik Naik Kereta Api: Ada Kereta dan Jadwal Tambahan!

IMG-20180412-WA0005-01

Naik kereta api, tut tut tut..

Siapa hendak turut

Ke Bandung, Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma

Ayo, kawanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama

Ayo, siapa yang pernah naik kereta api? Seumur-umur, saya sendiri masih hitungan jari pengalaman naik kereta api saat ke Jakarta 2014 lalu. Itupun perjalanannya ga jauh, hanya dari Jakarta ke Depok saja. Sedangkan di Banda Aceh sendiri, transportasi kereta api belum ada, sehingga belum familiar cara penggunaannya.

Tapi bila ke Medan, kereta api sangat familiar digunakan ketika penumpang pesawat turun di Kualanamu dan menuju Medan. Seperti suami saya, baik memesan pesawat dan tiket kereta apinya melalui aplikasi pemesanan tiket.

Kereta Api Tambahan

Mudik adalah saat indah berkumpul dengan keluarga besar. Baik bagi yang sudah bekeluarga maupun yang masih single. Ups, bagi teman-teman yang masih single, sudah pada tahu mau jawab apa kalo ditanya kapan nikah?

Baca: Optimalisasi Diri Sebelum Menikah

Berhubung sebentar lagi mudik, seperti tahun-tahun sebelumnya, penumpang kereta api membludak berbondong-bondong ingin pulang ke keluarganya. Melihat hal ini, DIRUT PT KAI pun menambahkan jadwal tambahan menjelang mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Terdapat sekitar delapan unit kereta premium dengan kapasitas penumpang sekitar 80 yang disediakan oleh PT KAI. Selain itu, terdapat pula kereta tambahan premium khusus untuk penumpang dengan keterbatasan fisik yang berkapasitas sekitar 64 tempat duduk yang bermakna bahwa satu kali keberangkatannya akan mengangkut sekitar 768 seat penumpang. Kereta api tambahan akan dioperasikan setiap hari pada masa lebaran dengan fasilitas memadai yang akan membuat para penumpangnya nyaman.

Bagi teman-teman yang ingin menggunakan kereta api sebagai transportasi mudik nanti, sudah boleh memesan jauh-jauh hari. Sebab pemesanan sendiri sudah dibuka sejak pertengahan April 2018 dan waktu akses adalah pukul 00.01 WIB. Mengingat jika pesanan ditunda hingga menjelang hari raya, pengunjung web akan meningkat drastis dan menyebabkan server down. Bila server down, penumpang jadi ga bisa dapat mengakses tiket dan gagal mudik, dong?

Sepertinya, mulai sejak hari pertama Ramadan 1439 H, kita sudah bisa menyesuaikan jadwal tiket kereta api tambahan dengan libur kerja. Sebab edaran libur sudah dikeluarkan dari kantor dan diumumkan di televisi. Jangan lupa bagi teman-teman yang mengakses web app untuk memastikan kondisi internet stabil.

Jadwal Kereta Api Tambahan Untuk Lebaran 2018

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh pihak KAI kereta api tambahan akan mulai beroperasi pada tanggal yang bervariasi dan mulai beroperasi pada bulan Juni, yakni memasuki akhir Ramadhan dan menjelang lebaran. Sebagian kereta api tambahan akan beroperasi lebih awal sehingga para calon penumpang harus selalu memantau jadwal keberangkatan dengan seksama.

Untuk pemesanannya sendiri, teman-teman bisa memanfaatkan OTA (Online Travel Agent) terbaik, teman-teman juga dapat memperoleh fitur pemesanan dan pembayaran tiket kereta yang cepat dan akurat serta akan memperoleh informasi penting mengenai jadwal keberangkatan. Teman-teman juga bisa melakukan pemesanan tiket tambahan melalui aplikasi KAI Access, website KAI dan OTA resmi lainnya. Untuk mengantisipasi pemesanan tiket yang melonjak saat memasuki masa lebaran, PT KAI telah meng-upgrade kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB. Tentu saja hal ini akan membantu kelancaran akses pemesanan tiket kereta tambahan nantinya.

Bukan hanya itu saja, PT KAI juga telah memperkuat sistem keamanan pada sistem firewall dengan meng-upgradenya untuk meminimalisir risiko gangguan pada sistem IP sekaligus membantu mengoptimalkan server-server penjualan tiket kereta tambahan yang di akses para calon penumpang. Untuk memenuhi kebutuhan mudik selama lebaran 2018, pihak KAI telah memberikan info terkini jika pemesanan tiket tambahan bisa dilakukan sejak H-60 sebelum keberangkatan. Sebaiknya, cek informasi sekarang juga untuk memesan tiket kereta secepatnya.

Siap Pesan Tiket Kereta Tambahan Sebelum Lebaran 2018

Diperkirakan animo pemesanan tiket akan mengalami puncaknya pada minggu kedua bulan Juni dan puncak arus balik pada minggu ketiga bulan Juni. Teman-teman akan mendapatkan pelayanan pemesanan tiket selama 24 jam penuh melalui App KAI Access atau menghubungi contact center 121, jaringan PPOB, gerai minimarket atau OTA yang bekerja sama dengan PT KAI yang menyediakan tiket kereta tambahan.

Ketika hari mudik tiba, jangan lupa untuk menyiapkan segala sesuatunya. Jangan sampai barang-barang ada yang tinggal di hari keberangkatan. Apalagi buat teman-teman yang masih punya bayi seperti saya. Cek dan lengkapi peralatan bayi yang wajib dibawa!

Sudah ga sabar banget yaaa pengen mudik, ketemu keluarga, berlebaran bersama. Bismillah, semoga Allah mudahkan langkah kita untuk menyelesaikan ramadan 1439 dengan baik dan bersiap mudik dengan bahagia.

Selamat berburu tiket kereta api dan enjoy your mudik ^^

1 Comment

  • Reply
    farhati Mardhiyah
    25 May 2018 at 13:28

    adekku demi pulang lebaran harus melek jam 12 malem, lewat 2 menit kereta eksekutif tinggal 1 tempat duduk, kreta yang lain udah wassalam 😀 sekarang kereta api jadi transportasi yang nyaman banget dan gampang terjangkau diakses, salam kenal mba cut dek ayi

  • Leave a Reply