Tips Ibu

Membiasakan Anak Mandi di Air Dingin

membiasakan anak mandi di air dingin

Ngomong-ngomong soal mandi di air dingin, Kizain sudah saya biasakan sejak usianya menjelang 3 bulan. Banyak pihak yang kurang merespon baik pilihan saya ini, selain takut si anak kedinginan, juga karena anak masih terlalu kecil. Jadi biarlah dia menikmati mandi air hangat di bak mandinya dulu.

Tapi, dengan niat yang kuat dan didasari banyak hal, saya dan abang berusaha keras dan meyakinkan diri untuk mulai membiasakannya. Nunggu air hangat matang itu lumayan waktunya, lho. Kizain keburu ngantuk dan minta menyusu.

Awalnya, bak mandi Kizain sudah kurang bisa menampung kelincahannya saat mandi. Dia sering menendang-nendang kaki membuat cipratan air tergulir di lantai. Antusias dia untuk mandipun sudah sangat girang, tidak seperti di minggu pertamanya lahir, setiap dimandikan, Kizain hampir selalu menangis.

Manfaat Mandi di Air Dingin

Emang apa sih manfaat mandi di air dingin?

Manfaat mandi di air dingin salah duanya adalah proses metabolisme tubuh akan mampu bekerja dengan baik untuk menggantikan panas yang hilang dari tubuhnya. Juga untuk meningkatkan proses kekebalan tubuhnya. Ini baik sekali untuk tumbuh kembang bayi.

Selain itu, lebih gampang diajak main air di waktu berikutnya. Mau diajak berenang, main di pantai atau main-main lain yang dasarnya air, anak ga rewel dan sudah terbiasa dengan kondisi yang ada.

Kalo pup juga nih, ga perlu repot-rwpot habis tisu basah banyak-banyak. Tinggal bawa ke kamar mandi trus langsung dieksekusi, deh. Gampang, kan?

Banda Aceh ini suhunya panas, meski sudah pakai AC. Jadi, memandikan Kizain dengan air hangat sebetulnya bukan pilihan yang tepat lagi. Jadi, kami pelan-pelan membiasakan Kizain untuk mandi di air yang bersuhu dingin di dalam kamar mandi.

Gimana sih persiapannya?

  1. Mencari Info

Kami –saya dan abang- berfikir, jika anak mandi di air bersuhu dingin akan membuatnya masuk angin. Pikiran-pikiran lainpun berkecamuk. Membuat kami mencari info baik ke dokter umum, maupun searching di internet. Hasilnya? Tidak masalah. Asal kondisi lingkungan juga mendukung untuk anak mandi di air dingin.

Misalnya, jangan mandikan anak jika kondisi lingkungan juga sedang dingin.

Kalo lagi dingin gimana? Mandikan dengan air hangat saja. Jangan dipaksakan untuk tetap mandi di air dingin, yaa :)

  1. Mengenalkan Suhu Air yang Bertahap

Kizain ga langsung dimandikan begitu saja, tapi melalui tahap pengenalan dulu. Pertama-tama, kami mencoba untuk air hangat, kemudian sedikit dingin hingga dingin seutuhnya. (Air kran pada umumnya.

Kizain cuma nangis sekali, mungkin karena terkejut kali, ya? Tapi Alhamdulillah, berhasil. Keesokannya Kizain sudah familiar dengan kondisi air yang ada di kamar mandi.

  1. Bersikap tenang

Ini penting sekali buat saya pribadi. Saat memandikan Kizain dan mendapati si anak menangis terkejut, saya langsung menyudahi tetap mengajaknya untuk tertawa diselingi kalimat penyemangat.

“Wah, Kizain hebat sekali.”

“Anak Bunda sudah besar, horeee.”

“Iya sayang, ini sudah mau siap, yaaa,”…

dengan muka yang gembira pula. Insya Allah anak akan tenang. Tapi jangan dilama-lamain juga mandinya ya, bu. Saya paling lama sih ga nyampe 5 menit sudah selesai.

  1. Mengajak Peran Serta Ayah

Kami sedang membesarkan anak laki-laki. Dari beberapa sumber yang saya baca, jangan pernah pisahkan Ayah dalam kegiatan mandi anak mereka. Bisa Ayah mandikan sendiri, bisa juga dengan dibantu bunda.

Jadi, di waktu luang, saya mengajak peran serta abang untuk ikut aktif memandikan Kizain. Mulai dan menyabunkan, juga mengajak Kizain tertawa agar aktivitas mandi jadi menyenangkan.

Saat abang memandikan Kizain, saya bisa menyiapkan handuk, baju dan peralatan Kizain lainnya. Lumayan untuk mempersingkat waktu, kan?

Nah, ini cara-cara kami membiasakan anak mandi di air dingin. Alhamdulillah, sekarang Kizain mandinya sehari bisa 2-3 kali, tergantung dari jumlah MPASI, pup, dan sebagainya. Biasanya sih karena emaknya gerah ngeliat anaknya berantakan kali, ya? Hehehe.

Gimana cara emak-emak sekalian? Sharing dong..

Banda Aceh, 10 Mei 2016

@cutdekayi

You Might Also Like

11 Comments

  • Reply
    Ipeh Alena
    10 May 2016 at 21:45

    Air dingin memang banyak manfaat ya. Apalagi kalau sudah dibiasakan, biar ga sampai gede maunya air hangat mulu ya

    • Reply
      cutdekayi
      13 May 2016 at 22:44

      Betul, mba ipeh. Biar kekebalan tubuhnya makin baik

  • Reply
    Agung Rangga
    11 May 2016 at 16:32

    hoo, ternyata mandi air dingin banyak manfaatnya ya mbak, baru tahu saya. 😀
    biasanya sih buat bayi mandinya pakai air hangat-hangat kuku kan ya? :)

    • Reply
      cutdekayi
      13 May 2016 at 22:46

      Iyaa mas, saya sih lakuin begitu cuma pas lahir sampe dua bulan aja. Sekarang malah dia excited tiap kali mandi ato bersihin pup :”D

  • Reply
    Hastira
    15 May 2016 at 03:16

    aku sih membaisakan anakku dulu paaki air hangat , dan mereka kebiasaan pakai air hangat sampai gede. Aku juga selalu pakai air hangat . Apalagi kalau badan lelah , pakai air hangat ditambah sedikit garam bikin rileks

    • Reply
      cutdekayi
      15 May 2016 at 11:34

      Waah iya mbak. Air hangat jg banyak manfaatnya. Kalo cuaca ga baik, ato anaknya ga fit kita jg masih mandikan Kizain dg air hangat. Sayaaaangnyaaa kondisi aceh ini panas, tropis bangeeeet. Hihihi

  • Reply
    Witri Prasetyo Aji
    16 May 2016 at 10:44

    kalau Juna sih biasa main air dingin, tapi pernah tak mandiin air dingin malah sakit

  • Reply
    Nurul Fitri Fatkhani
    16 May 2016 at 11:28

    Pengalaman saya dulu, gak pernah mandiin anak dengan air dingin, takut masuk angin/sakit.
    Eh, ternyata gak apa-apa ya…
    Dulu saya gak nyari info tentang mandi pakai air dingin, sih. Jadi agak ketakutan..he..he..he

  • Reply
    rita dewi
    16 May 2016 at 15:11

    Anak pertama saya mulai mandi air dingin kalo ga salah umur 7 thn xixixi…parah ya. Kalo adiknya masih mending umur 3 thn sfh mandi air dingin😊

  • Reply
    kania
    16 May 2016 at 15:28

    Ayo Kizain semangat, Raissa juga kayanya seblm 2 th udah mandi air dingin deh

  • Reply
    MeriskaPW
    17 May 2016 at 05:09

    Air dingin jg bagus buat meredakan gatal2.. anakku baru umur 2thn ini mandi pake air dingin terus sejak pindah ke daerah panas,, dulu tinggal di pucuk gunung, cuci kaki pake air dingin aja gemeteran, hehehe

  • Leave a Reply