Tips Ibu

Membawa Bayi Berenang

membawa-bayi-berenang-cutdekayi

Memang benar, manusia hanya bisa berencana, selanjutnya Allah yang mengizinkan perencanaan itu akan mulus atau digantikan dengan yang lebih baik.

Saat long weekend yang lalu, kami sekeluarga sudah berencana mengunjungi Sabang dalam dua hari. Selain merefreshkan pikiran, juga keinginan untuk silaturrahim ke keluarga suami.

Ternyata, hotel di Sabang sudah full. Banyak wisatawan yang jauh-jauh hari sudah membooking hotel untuk penginapannya.

Belum lagi, ternyata setiap kali libur itu kondisi kapal berdesak-desakkan. Dan kita juga punya acara hari Sabtunya. Kasian Kizain juga, sih. Haruskah (lagi-lagi) ia memaklumi keegoisan ayah ibunya?

Akhirnya, kitapun menyusun rencana ulang. Kita tetap memanfaatkan waktu libur ke Kuta Malaka. Salah satu kolam renang yang kalo libur pasti juga rame dikunjungi. Sekalian ngajak Kizain berenang, alhamdulillah Kizain udah dikenalin sama air dingin.

Ya, di Banda Aceh belum ada kolam renang khusus bayi. Jadi, kalo mau ya renangin aja anaknya di kolam pribadi di dalam rumah.

“Gimana nanti Kizain mandinya ya? Kan itu airnya udah nyampur-nyampur sama orang lain?”

Kekhawatiran itu selalu ada, dan terjawab dengan pemikiran abang yang sempurna. Kita pergi pagi-pagi, di saat pengunjung belum ramai dan matahari tak terlalu terik. Kita berkomitmen Kizain cukup mandi 15 menit saja, karena takut akan kedinginan.

membawa-bayi-berenang-cutdekayi

Sebelum pergi kita menyiapkan barang-barang pribadi. Seperti handuk, sabun dan shampoo juga baju ganti selepas mandi.

Nah, untuk Kizain, kita harus teliti betul. Lokasi Kuta Malaka ini jauh dari jalan besar dan masih dalam proses finishing di beberapa spot pemandian.

1. Ban renang
Ban ini merupakan salah satu alat keselamatan buat diri Kizain pribadi. Memang dia akan mandi dengan digendong bunda/ayahnya. Tapi kita tidak tau bagaimana nanti kondisi di sana. Amit-amit semoga jangan ada insiden yang aneh-aneh deh.

Kita juga maunya Kizain itu bukan sekedar berenang. Tapi distimulasi motorik kasarnya dan diberikan keberanian sejak kecil. Nah, ban ini jadi pilihan.

2. Peralatan Kizain
Karena Kizain ikutan mandi, jadi saya membawa peralata mandinya Kizain. Termasuk di sana handuk, baju ganti, sabun, minyak telon, tisu, kaus kaki ganti, dan semacamnya.

Kizain sudah 6 bulan, jadi saya juga membawa MPASI dan air putih. Beberapa menit sebelum mandi, Kizain saya beri makan dahulu.

3. Selimut Tebal(Bed Cover)
Kuta Malaka menyediakan banyak tempat duduk bagi pengunjung. Nah, selimut tebal ini gunanya adalah untuk meletakkan Kizain, jadi ga langsung menyentuh dipan.

4. Air Mineral
Posisi ruang ganti dengan tempat kami duduk lumayan jauh, jadi saya membawa beberapa botol air mineral untuk membilas Kizain selepas mandi. Biar anaknya ga kedinginan duluan pas diajak ganti ke ruangan. Alhamdulillah cara ini ampuh buat saya.

5. Bersikap Tenang
Saat Kizain masuk ke dalam air secara perlahan, air wajahnya dari bingung menjadi takut. Nah, di sinilah peran ayah dan ibu bermain. Berusaha menenangkan anak dengan sikap yang tenang dengan cara tidak ikut panik.

membawa-bayi-berenang-cutdekayi

Saya dan abang berusaha selalu tersenyum dan ceria setiap menatap Kizain. Berusaha menyampaikan bahwa tidak mengapa, nak. Berenang akan membuat tubuhmu kuat.

Selang beberapa detik saja, Kizain menjadi bahagia kembali. Saat kondisi tenang, barulah kami mencoba memakaikan ban renang di leher Kizain. Dan abang tidak mau melepaskan pegangannya dari Kizain.

Sayapun menggerak-gerakkan kaki Kizain agar terbiasa dan terlatih otot-ototnya menjadi kuat. Ya, Kizain, jadilah anak laki-laki yang kuat dan pemberani!

Manfaat Berenang

Emang apa sih manfaat berenang? Ga takut anaknya kedinginan? Atau terlalu dini untuk berenang?

membawa-bayi-berenang-cutdekayi

Berenang adalah salah satu olahraga yang disunnahkan nabi untuk ditekuni, selain berkuda dan memanah. Kenapa? Pasti ada alasannya.

Berenang itu mampu menumbuhkan sifat keberanian di dalam diri bayi. Berenang juga melatih motorik kasar bayi. Bayi akan belajar menggerakkan baik kaki dan tangannya.

Saat berenang, jangan lupa untuk selalu memerhatikan keselamatan dan kenyamanan bayi. Paling banter berenang itu cukup 20 menitan aja. Khawatir anak akan hiportemia, menggigil dan masuk angin.

membawa-bayi-berenang-cutdekayi

Terus, gimana kalo anaknya kedinginan?

Ya, segera balur dengan minyak telon, hangati dengan selimut dan susui. Agar dia merasa nyaman dan tetap merasa terlindungi. Jangan khawatir, insya Allah proses metabolisme tubuh anak menjadi semakin baik kian hari.

Alhamdulillah pengalaman membawa Kizain berenang untuk pertama kalinya lancar jaya. Insya Allah akan menyusul pengalaman-pengalaman berikutnya.

Kamu siap, Kizain?

Banda Aceh, 11 Mei 2016

You Might Also Like

17 Comments

  • Reply
    Elisamonic
    12 May 2016 at 10:10

    Kalo temenku malah sejak dia usia 3 bulan diberenangin, dibikin kolam kecil khusus baby nya berenang. Jadi kizain mah pasti siap lahhh 😀
    Pas pertamakali masuk air, nangis ga kizainnya?

    • Reply
      cutdekayi
      12 May 2016 at 10:49

      Iyaaa di Aceh belum ada kolam renang khusus bayi, mbak. Jadi nunggu 6 bulan dulu, biar metabolismenya tahan 😀 ga nangis, cuma mukanya sempet terkejut gitu sih, haahaha

  • Reply
    Ipeh Alena
    13 May 2016 at 09:09

    Pernah liat video orang bule yg langsung nyemplungin anaknya di kolam renang. Tapi, iya sih kalau ga dari bayi dikenalin air dan asyiknya main air, nanti jadi takut air. Kaya adik saya, takut air sampe gede -_-

    • Reply
      cutdekayi
      13 May 2016 at 22:45

      Kami belum berani begitu buat Kizain mba ipeeeh. Hahaha ini aja dipakein ban ayahnya yang grasak-grusuk.

  • Reply
    cutdekayi
    13 May 2016 at 22:47

    Hai, salam kenal. Terimakasih sudah mampir. Akan kukunjungi yaaa 😉

  • Reply
    lia lathifa
    15 May 2016 at 04:43

    kemarin bayiku juga diajak berenang, memang agak kaget juga kalau tdk biasa ya, nangis, dingin kali.. tapi lama-lama happy :-)

    • Reply
      cutdekayi
      15 May 2016 at 11:31

      Iyaa, yang penting orangtuanya tenang. InsyaAllah anaknya tenang jg mbak.. Selamat berenang, dedee

  • Reply
    Mirna Kei Rahardjo
    15 May 2016 at 11:20

    kemaren sempet bahas tentang renang bayi sama suami… tapi kan belum punya bayi yak hehehe gpp jadi referensi.. semoga renang ke dua nanti Kizain juga ga rewel.. Soalnya pengalaman anak temen rata2 bermasalah pas renang kedua sama ketiga,,, gitu…

    • Reply
      cutdekayi
      15 May 2016 at 11:32

      Iyaa mbak, semoga ga rewel ya.. Skrg dimasukkin dalam bak mandi malah gemeteran dia, hahaha.

  • Reply
    khairiah
    17 May 2016 at 14:19

    Ntar kalo dek bayi dah lahir mau juga dilatih renang kaya kizain

  • Reply
    Witri prasetyo aji
    17 May 2016 at 16:02

    Anakku udah 1,5 tahun malah blm pernah kuajak berenang. Kalau main air dingin sih sering…

  • Reply
    Beautyasti1
    19 May 2016 at 14:11

    Di rumah di latih dulu mba sama kolam renang khusus baby biar gak kaget kali ya..

  • Reply
    nur aliah saparida
    12 June 2016 at 09:27

    Umar pertama kapi berenang ya di baby spa. Pertama kali kayaknya umur tiga bulan.excited banget..belum pernah aq kenalin ke kolam renang asli..belum sempet..
    Mama ku juga klo ngajak ke kolam renang pasti pagi pagi air masih bersih ga terlalu terik..
    Peluk buat kizain..kizain hebat…

  • Reply
    Nurul Fitri Fatkhani
    12 June 2016 at 12:06

    Sejak pertama kali berkunjung ke blog ini, saya paling sukaaaa liat Kizain. Itu baby lucu banget, gemes, pengen nyubit, deh!
    Beruntung Kizain, punya ayah bunda yang selalu memperhatikan tumbuh kembang Kizain. Saya juga suka dengan pola pengasuhannya. Selalu mendiskusikan segala sesuatu. Mantap! Teruskan ya..he..he..

  • Reply
    Arina Mabruroh
    14 June 2016 at 21:01

    Wah… Asyik sekali dedek Kizain… Kak Hasna malah sdh lama ga renang nih.. :)

  • Reply
    ILYAS AFSOH
    20 June 2016 at 08:23

    udah lama tidak berenang nih, jadi pengen nostalgia basah-basahan dengan teman
    Hipnoterapi Semarang

  • Reply
    Sekutu Keadilan
    21 January 2017 at 21:44

    Seru juga kayaknya,
    kalau punya anak harus juga diajak renang nih

  • Leave a Reply