Blogging

Manfaat Bergabung di Bloger Perempuan

manfaat bergabung di bloger perempuan

Welcome to day #4 blogging challenge, gaeeees. Tema yang ke-4 ini udah telat sehari sebenarnya. Sebab yahhh banyak kegiatan offline yang begitu nyampe rumah bawaannya pengen bobo cantik terus, huhu. Mohon dimaklumi yaa.

Nah tema ke 4 kali ini adalah alasan bergabung di Bloger Perempuan. Kalo diliat-liat sih, alasan ini sejalan sama alasan saya akhirnya fokus di dunia blogging beberapa tahun silam. Saat itu saya awam banget dengan dunia blog. Jadi, merasa butuh banget bimbingan dan ‘teman’ yang bisa diajak ngobrol soal bloging. Intinya, saya nyari komunitas bloger yang memberikan dampak positif buat saya yang tinggal jauh dari Ibukota.

Baca: Alasan Ngeblog

Kenapa begitu? Karena saat saya terjun ngeblog, saya juga butuh pandangan orang-orang yang jauh lebih paham dunia blogging. Biar fokus dan sayapun nambah ilmunya.

Ketemulah saya dengan Komunitas Bloger Perempuan, sebuah komunitas yang saat itu bekum seramai sekarang, seheboh sekarang dan membernya masih 100-an. Syaratnya saat itu cukup mudah yaitu blog saya sudah memiliki minimal beberapa tulisan, yang artinya saya bener-bener sudah menulis bukan bikin blog asal-asalan doang.

Saat saya bergabung awal-awal dulu, kebetulan langsung dibentuk Arisan Blogging, kami dibikin beberapa kelompok dan wajib menuliskan apapun tentang teman yang namanya keluar perdua minggu sekali (duh jadi inget belum kelar utang arisan gue T.T)

Baca: Alasan Menggunakan Nama Domain Cutdekayi

Fyi, berkat adanya arisan blogging ini, kami bisa saling bertukar pikiran secara lebih dekat, karena kami dibikinkan grup WA khusus kelompok kami untuk bertukar info dan sharing link tulisan. Kelompok kami diketuai oleh Nyak Rotun dan Mbak Ria Rochma.

Member dalam grup kamipun bermacam ragam tempat tinggalnya, mulai saya yang dari Banda Aceh, lalu ada Mutia di Pekanbaru, Nyak Rotun (saat itu di Palopo, kini udah pindah ke Kebumen), Bunda Mugniar di Makassar, Mbak Ipeh, Mbak Titis, Mbak Sandrine, Mbak Kania, Mbak Monic, Mbak Mira, ini (kalo aku ga salah sebut) tinggalnya deket2, Jakarta dan sekitarnya. Kemudian Mbak ety di Solo, Manda di jogja, Mbak dian di Madura, Mbak Nyi asli Bali yang hobi ngetrip, juga Mbak Astri, Mbak Ria di Gresik, Mbak Yervi di Padang, Mbak Lidha di Kalimantan dan Mbak Rita di Palembang. (Memanggil Geng Ijoek, adakah yang tak tersebut)?

Noh lihat saking deketnya persahabatan kami, saya sampai hafal domisili mantemanku, yang selanjutnya disebut Geng ijoek yaa. Geng Ijoek itu nama-namaan agar kalo ceritain di blog/medsos ga perlu nyebut nama tuatu gitu deh.

Dengan tergabungnya kami di dalam satu grup whatsapp dan sudah berlangsung selama hampir tiga tahun, saya pribadi mendapatkan manfaat yang buanyak sekali. Kami bisa saling share link blog agar dikunjungi, share link media sosial agar ‘hidup’ media sosialnya, terlebih kalo lagi campaign salah satu produk, nah teman-teman geng ijoek siap meramaikan.

Selain itu, kami juga sering bahas hal-hal terkait blogging yang sedang trending maupun yang itu lagi-itu lagi. Biasanya yang itu lagi-itu lagi adalah soal DA PA, juga spam score blog, dll. Sering share info campaign juga biar semuanya kebagian. Yang paling penting sih curhat, yap kami menjadikan grup Geng Ijoek itu bukan grup yang kaku, yang bahasannya melulu dunia blogging dan media sosial. Mungkin ini juga yang bikin kami dekat, yaitu jika ada yang curhat dan mbak-mbak yang bijaksana dan mengayomi akan memberi solusi dan menguatkan.

Alhamdulillah berkat tergabungnya kami dalam grup whatsapp Geng Ijoek yang dipertemukan dari Bloger Perempuan Network, ketika saya ke Surabaya beberapa waktu lalu, saya bisa kopdar langsung dengan Mbak-mbakku ini.

Kopdar dengan Mbak Ety, Mbak Ria dan Mbak Dwi

Kopdar dengan Mbak Ety, Mbak Ria dan Mbak Dwi

Ini adalah salah satu dari sekian buanyak manfaat lainnya yang saya dapatkan dari Blogger Perempuan.

Kopdar dengan Mbak Dian, Mbak Avy, Mbak Nurul, Mbak Ety

Kopdar dengan Mbak Dian, Mbak Avy, Mbak Nurul, Mbak Ety

Para pendirinya ga segan-segan untuk menshare beberapa materi terkait dunia bloging. Tentang pemilihan tema, kelebihan platform blog (WP vs Blogspot), dll. Serta mereka juga mengizinkan siapapun untuk bertanya lebih lanjut di kolom komentar. Materi yang dishare juga dalam bentuk pdf power point sehingga yang nyimak bisa nyimpen file buat dibaca-baca di rumah.

Sistemnya makin baik.

Ini yang saya acungi jempol. Komunitas Bloger Perempuan Network (BPN) terus meroket, kini sudah punya kantor dan menjadi sebuah komunitas yang ga main-main. Sistem mencari blogger buat ikutan campaign juga selain dipost di FB grup khusus member yang memenuhi syarat (awalnya dibuka recruitment bagi member BPN) juga dikirim via email, dan kini sudah ada aplikasi berbasis web yang bisa diakses para member yang sudah mengikuti akun.

Di aplikasi jelas tertera persyaratan, hingga fee yang akan didapatkan para bloger. Tidak ada yang ditutup-tutupi oleh para admin. Mereka juga membuka diri untuk member yang baru bergabung, untuk benar-benar menjadi wanita yang mendapatkan penghasilan dari blog.

Fyi, Bloger Perempuan merupakan satu-satunya komunitas yang sangat memerhatikan fee yang didapatkan para bloger. Bila di sebelah kita menyerbu pembayaran senilai 100 ribuan, di Bloger Perempuan bisa berkali-kali lipat. Ini butuh perjuangan banget, sebab pasti ada deal-dealan yang ga main-main antar admin dan pihak klien.

Saya Jadi Berbenah Diri

Salah satu program yang sedang dijalankan oleh admin untuk para member adalah BPN Blogging Challenge yang sedang saya ikuti. Terus terang program ini buat saya semakin berbenah diri. Beberapa bulan ke belakang entah berapa tulisan yang muncul dari blog ini. Dan rata-rata semuanya adalah sponsored post.

Jadi, dengan adanya beberapa manfaat yang saya dapatkan, saya merasa tak akan menyesal menjadi member Blogger Perempuan. Terhitung hingga hari ini hampir 3 tahun saya menjadi member blogger perempuan, dan sudah menganggap beberapa adminnya sebagai suhu, ada Mbak Shintaries, Mbak Alma, Mbak Rani, Mbak Putri, dan dulu juga ada Umi Alaika yang senang mengirimkan picture bertema khusus setiap harinya di FB Grup Bloger Perempuan.

Terima kasih banyak ya Mbak-mbak semua, semoga Blogger Perempuan makin berjaya dan terus mendidik wanita menjadi wanita yang tetap bisa bekerja meski dari rumah :)

Salam,

cutdekayi

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply