Jalan-jalan

Honeymoon ke Pangandaran, Why Not?

honeymoon ke pangandaran cutdekayi.com

11 November tahun ini insya Allah pernikahan kami berumur dua tahun. Di awal-awal pernikahan, kami belum pernah honeymoon, karena dua bulan setelah menikah alhamdulillah akupun langsung hamil. Di saat yang sama, abangpun sedang gencar membangun Gumugu Studio-nya. Jadi, niat hati buat jalan-jalanpun harus ditunda sejenak.

Sembilan bulan kemudian, setelah anak kami -Kizain- lahir, aku mengurusnya sepanjang hari tanpa ART. Kuliah, blogging dan ngupdate status tiap hari. Abangpun masih giat di studionya. Hanya setiap sore baru kami bisa rehat sejenak, menikmati jalanan di seputar kota.
Hingga suatu waktu saat aku sedang menidurkan Kizain dan abang mengerjakan proyek barunya, tiba-tiba dia berbalik, matanya tertuju pada bola mataku yang juga menatapnya.

“Dek..” Katanya
“Hmm. Kenapa sayang? Ketemu error lagi?”
“Bukan. Sebentar lagi insya Allah pernikahan kita sudah dua tahun. Kizain pun Oktober nanti sudah setahun usianya. Gimana kalau kita jalan-jalan? Kita kan kemarin juga ga ada honeymoon ke mana-mana, kan?” dia meminta persetujuanku.
“Boleh juga, tuh. Ke Bandung, yuk!” Tiba-tiba terlintas satu kota yang selama ini sering booming di media sosial karena walikotanya yang kece membahana badai dan menginspirasi jomblo untuk segera menikah.

“Boleh juga sih. Tapi abang pengen yang banyak wisata airnya. Ada body rafting juga. Jadi ga sekedar jalan-jalan, namun olahraga juga. Seru-seruan gitu deh ceritanya.” Jawabnya sambil mendekatiku. Dan buru-buru kuletakkan telunjukku di bibirnya. Menyuruhnya untuk mengecilkan volume suara karena Kizain baru saja terlelap.

“Oke. Oke. Adek searching dulu ya.” Akupun bangkit dari tidurku dan mengajaknya menjauh dari ranjang. Aku segera duduk di mengambil HP-ku dan menelusuri google. Yeah, hal pertama yang kulakukan adalah browsing.

Aku mencari kata kunci pertama yakni, wisata body rafting itu apa? Maklum kudet, belum pernah denger ginian, hahaha.
Dan google langsung memberikan jawaban dengan cepat. Alhamdulillah internet sedang bagus jaringannya.

honeymoon ke pangandaran

Setelah mendapatkan jawaban, aku mencari kata kunci yang kedua ‘Wisata Body Rafting Ada Di mana?”
Aku memperlihatkan jawaban ini pada abang.

honeymoon di pangandaran 7

Okey. Pangandaran itu letaknya di Jawa Barat.Sebagai anak yang belum pernah jalan-jalan ke luar sumatera, aku dilanda kebingungan, mau honeymoon di Pangandaran itu butuh budget berapa, kotanya gimana dan menggunakan tranportasi apa?
Akupun mengingat teman arisan link, Mba Sintamilia yang beberapa waktu lalu juga liburan di Pangandaran, namun bukan honeymoon, melainkan perjalanan dinas kantor suaminya.

Mba Sintamilia pun memberi tau bagaimana pesona Pangandaran di matanya, di sana bukan sekedar kecipak-kecipuk saja di pantai, namun ada satu titik yang dapat melihat sunset dan sunrise! WOW Mupeng dong yak hahaha.

honeymoon di pangandaran 5

Untuk menuntaskan rasa penasaran, aku mengingat beberapa teman SMA yang kuliah di Jawa Barat. Ada Endi Trianto, Fina dan @banghazmi. Bahkan Endi dan @banghazmi juga sempat KKN di Pangandaran. Dari mereka akhirnya aku tau bahwa Pangandaran terkenal dengan banyak wisata pantai, karena memang garis pantai di Pangandaran ini panjang.

Pantai di Pangandaran ada Pantai Pangandaran, Pantai Karapyak, Pantai Karang Nini, Pantai Batu Karas. Masing-masing pantai memberikan pesona tersendiri. Seperti Pantai Batu Karas yang menawarkan gelombang laut yang bersahabat dengan air laut kebiruan yang bersh. Pantai Pangandaranpun tak ketinggalan. Pantai ini selain menawarkan beragam wisata air, juga merupakan pantai dengan kondisi air laut pasang dan surut yang relatif lama, sehingga aman untuk anak-anak bila melakukan aktivitas berenang. Untuk itu, tak salah bila Pantai Pangandaran dimati wisatawan keluarga. Selain itu, Pantai Pangandaran juga memiliki acara internasional yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya, yakni Festival Layang-Layang. Maka, tak pelak banyak wisatawan asing yang ingin berkecimpung dan melihat pertunjukan di Pantai Pangandaran.

honeymoon di pangandaran 4
Dan bukan hanya pantai saja yang terkenal di daerah Pangandaran ini. Ternyata ada juga wisata body rafting yang diinginkan suamiku tadi, tepatnya di Green Canyon. Konservasi dan kuliner seafoodnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Uhuy banyak banget ya ternyata. Selain bisa body rafting bisa juga nih menikmati seafood yang nikmat.

honeymoon di pangandaran 1
Fina menyebutkan, di Pangandaran juga ada Citumang Pangandaran, yakni objek wisata di mana terdapat air sungai yang bersih dan kebiruan yang membelah hutan. Panorama di sekitarnya juga dapat memanjakan mata. Kata Fina lagi, watersport di Pangandaran standart buat kantong mahasiswa. Apalagi buat kantong pasutri dengan anak satu yang pengen honeymoon, hihihi.

honeymoon di pangandaran
Untuk menuju Pangandaran, Endi memberitahu bahwa tidak ada pesawat komersil. Jadi bisa menggunakan transportasi darat, seperti bus dari Kota Bandung. Sedangkan Fina mewanti-wanti untuk booking hotel sebelum pergi, karena banyaknya pengunjung baik dalam dan luar negri yang akan menikmati wisata di Pangandaran.

@banghazmi juga memberitahu bahwa jika mau ke sana harus direncanain akan ke mana aja. Karena -sebagai wisatawan lokal yang ngga punya saudara di sana-, untuk pindah-pindah tempat wisata kebanyakan pakai bus lintas daerah yang keberadaannya tidak sebanyak angkot.

honeymoon di pangandaran 2

Okelah aku rasa cukup sudah mupeng dari cerita-cerita keseruan teman-temanku di sana. Aku harus move on!! Dari beberapa informasi yang aku dapatkan, hal kedua setelah budget yang harus aku persiapkan adalah mencari-cari hotel dan membooking jauh-jauh hari. Meski berangkatnya masih beberapa bulan lagi, asik tuh buat cari tau hotel terlebih dahulu [sponsored post, refers to disclosure]. Selain bisa memperhitungkan budget, juga bisa menentukan ke mana wisata yang akan kami tuju ketika honeymoon di Pangandaran nanti.

Banda Aceh, 09 April 2016

You Might Also Like

23 Comments

  • Reply
    Rotun DF
    9 April 2016 at 13:02

    Aku seriing ke Pangandaran. Biasanya nemenin anak asuh yayasan pas masih di Jakarta dulu. Tapi blm pernah nginep sih. Jadi kangeeenn…

    • Reply
      cutdekayi
      9 April 2016 at 21:16

      Iyakah? Huhu aku butuh piknik nyaakk. Doakan lancar jaya rencana ke pangandaran yak, aamiin

  • Reply
    Ety Abdoel
    9 April 2016 at 13:08

    Hadeeh ngomongin honeymoon.
    Pasangan berumur jadi pengin ikutan juga. Honeymoon kayak pasangan muda ini.
    Sunset pangandaran, romantis ya…

    • Reply
      cutdekayi
      9 April 2016 at 21:18

      Ayuk jalan-jalan mba ety. Ayi karena sudah suntuk melanda hiks..:'( iya romantis, tapi sayang pas maghriban kan harus sholat ya hihihi

  • Reply
    Ardiba
    9 April 2016 at 13:21

    Kalau mau banyak wisata airnya, ke Jogja Mbak. Kece deh wisata pantainya.*kompor

    • Reply
      cutdekayi
      9 April 2016 at 21:19

      Iyakah? Mba Diba mau jadi tourguide ayi? :p

  • Reply
    jalan2 rita
    9 April 2016 at 13:27

    Duh…kalo ngomongin jalan2 ke pantai memang asyik banget.. Aku suka banget sama pantai.. Kapan ya bisa ke Pangandaran..pantainya kece badai..

    • Reply
      cutdekayi
      9 April 2016 at 21:21

      Huhu, iyaa.. Semoga Allah kasih kesehatan, kesempatan, rezeki buat melangkah ke sana, melihat ciptaanNya.

  • Reply
    Meutia mansur
    9 April 2016 at 14:01

    Pingin juga ke pangandaran. Smoga niatan honeymoonnya lncar ya dek

    • Reply
      cutdekayi
      9 April 2016 at 21:24

      Aamiin, makasih cutkak sayang..

  • Reply
    Alaika
    9 April 2016 at 14:15

    Saya udah hampir 4 tahun di Bandung, tapi blm pernah body rafting di Pangandaran. Asyik juga tuh kayaknya yaaa, apalagi lihat foto2 di atas. Agendain ah!

    Smg rencana honeymoon nya terlaksana dengan indah yaaa. :)

    • Reply
      cutdekayi
      9 April 2016 at 21:26

      Iya mi, ayoo agendain. Asik buat memanjakan mata dan meregangkan tulang-tulang, sejenak. Dari repotnya pekerjaan selama ini, hehehe.

      Siap, mi. InsyaAllah :)

  • Reply
    cutdekayi
    9 April 2016 at 21:23

    Kalo Takengon mah kota yang wajib dikunjungi buat lebaran ma keluarga besar, bang. Hahahahaha.

  • Reply
    khairiah
    10 April 2016 at 18:30

    Belum pernah ke pangandaran walau dulu tinggal di bandung, pengen ke pangandaran jadinya

    • Reply
      cutdekayi
      14 April 2016 at 19:20

      Yuk kita agendakan ke sana, kak. hehehe

  • Reply
    Dewi Ratih
    13 April 2016 at 09:51

    Wah ai sekalian syuting ftv nih ke pangandaran, hihihi

    • Reply
      cutdekayi
      14 April 2016 at 19:23

      Yuk Mbakku, ikut juga yuk syuting ftv wakakakakaka

  • Reply
    Khoirur Rohmah
    13 April 2016 at 12:28

    semoga bisa terlaksana ya mbak Ayi.. hhe

  • Reply
    Nyi Penengah Dewanti
    13 April 2016 at 15:53

    aku belum pernah ke sana.
    Yeee sukses ya bulan madunya.
    Dedek Kizain diajak juga ?

    • Reply
      cutdekayi
      15 April 2016 at 21:39

      Diajak doooong, kalo ditinggal kasian mba nyi ;p

  • Reply
    Siti mudrikah
    15 April 2016 at 13:02

    Salam kenal mba , aku orang ciamis yg lagi merantau di jkt.
    kapan2 ke daerah pangandaran lagi yuu .. masih bnyak lhoh tmpat wisata lainnya.. hhee

    • Reply
      cutdekayi
      15 April 2016 at 21:40

      Ayuuk. berapaan ongkos dari bandung ke pangandaran, mba? ada pesawat ga sih yang ke sana?

    Leave a Reply to Ety Abdoel Cancel Reply