Tips Ibu

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Merapikan Tempat Tidur

cutdekayi - rapihkan kamar 2

Kebersihan itu sebagian dari iman. Menjaga kebersihan adalah tugas setiap individu yang hidup di muka bumi. Sebab satu kebersihan yang kita lakukan bisa berefek kebaikan bagi yang lainnya.

Merapikan tempat tidur adalah salah satu rutinitas pagi yang kita lakukan sebelum berbenah diri berangkat kerja atau melakukan aktivitas lainnya. Karena meninggalkan kasur dalam keadaan kotor selain meninggalkan banyak kuman juga kita tidak bisa langsung berbaring sepulang kerja sore hari nanti. Alasan utamanya adalah kebersihan dan kerapihan kamar, dengan begitu debu dan kuman tidak bersarang di kamar dan kasur kita.

Seumur hidup, mungkin kita akan menghabiskan waktu lebih banyak di kamar tidur. Entah itu berselancar di dunia maya sambil gegoleran, melanjutkan pekerjaan sambil membuka laptop di meja kerja kamar, hingga membaca buku sambil ngemilpun sering kita lakukan di dalam kamar. Bayangkan saja jika kamar dan kasur tidak kita bersihkan secara berkala, minimal di pagi hari setelah bangun tidur, bisa dikira-kira bagaimana kondisi kamar yang butuh perhatian itu.

Kalau saya pribadi yang sudah punya suami dan juga bayi, merapihkan kasur dan kamar sudah menjadi rutinitas pagi yang tidak bisa diganggu gugat. Meskipun setelahnya akan ditidurin sama bayi dan anak-anak lagi, bagi saya ga masalah. Karena sebelumnya sudah saya bersihkan, dan anak-anak tidur di -kondisi ruangan yang sudah fresh dan bersih. Serangga tidak ada yang mengganggu, dan anak-anak terbebas dari penyakit yang ditimbulkan dari kondisi ruangan yang kotor, seperti alergi debu dan penyakit kulit. Minimal banget liat kamar bersih bisa bikin saya tetap stabil menjaga kewarasan, hehehe.

Nah, gimana kalo sebelum mulai start a new day di tahun 2020 dan menambahkan list MEMBERSIHKAN KAMAR SETIAP PAGI di to do list 2020, yuk kita baca alasan mengapa harus merapikan kasur?

1. Kamar Menjadi Bersih

Sesuai dengan namanya, fungsi utama kamar tidur adalah untuk tidur. Dengan merapikan tempat dan kamar tidur, maka kita akan terbebas dari debu dan kotoran yang menempel pada sprei, bedcover, juga di seluruh ruangan tersebut. Tidak hanya itu, membersihkan kamar tidur akan membuat serangga tidak bersemayam nyaman di kasur dan kamar kita.
Selain itu, ada perasaan senang ketika berhasil menata tempat di pagi hari, karena telah berhasil menyelesaikan satu pekerjaan. Hal ini juga bisa dikatakan dengan kemenangan, meskipun dalam skala kecil. Karena, dari hal-hal kecil, kamu akan terbiasa menghadapi tugas yang lebih besar.

sumber: pixabay

sumber: pixabay

2. Memicu Kebiasaan Baik

Jika kita merapikan tempat tidur, maka kebiasaan ini nantinya akan berefek pada domino kegiatan  selanjutnya. Pekerjaan ini akan menjadikan kita terbiasa menjadi orang yang rapi dan produktif di hari-hari selanjutnya, misalnya kita dapat mengatur dan mematuhi jadwal olahraga.
Selain itu merapihkan ranjang setelah bangun tidur di pagi hari, akan membuat kita tidur dengan nyenyak di malam harinya. Sehingga, besoknya kamu akan dapat bangun lebih awal untuk berolahraga maupun melakukan aktivitas lainnya. Efeknya apa? Kebiasaan olahraga yang teratur akan membuat tubuh kamu sehat dan tidak mudah sakit.

3. Tidur Lebih baik

Ketika pulang dari kantor, sekolah maupun kerjaan lainnya, tubuh pasti merasa sangat lelah. Kita akan merasa lebih nyaman ketika tiba di rumah mendapati kamar tidur dalam keadaan yang rapi dan siap menyambut kita untuk beristirahat dengan nyaman dan tenang. Dengan demikian, kita pun dapat tidur dengan tenang, nyenyak, dan nyaman.
Setiap orang ingin mendapatkan tidur yang berkualitas. Kamar tidur yang bersih dan rapi menjadi penting karena pada saat tidur, tubuh akan bekerja untuk mendukung fungsi otak yang sehat dan menjaga kesehatan fisik. Pada dasarnya, tidur nyenyak itu memang penting.

Selain itu, juga terdapat sebuah survei di tahun 2010 dari National Sleep Foundation yang menyebutkan bahwa mereka yang merapikan ranjang setiap harinya, akan dapat tidur lebih nyenyak di malam hari jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merapikan tempat untuk tidurnya di pagi hari.

4. Bentuk Bantal Menjadi Awet

Jika kita rajin merapikan tempat tidur, maka bantal kita akan menjadi lebih awet dan tidak mudah berubah bentuk. Begitu juga dengan sprei yang kita gunakan tidak akan menjadi acak-acakan dan berkerut. Sprei yang licin tanpa kerutan akan terlihat seperti baru setiap hari, dan tentu saja memberikan kenyamanan bagi kamu. Jangan lupa mengganti sprei, bedcover dan sarung bantal minimal seminggu sekali untuk mencegah hadirnya debu dan kotoran lainnya.

Bagaimana? Sekarang kita sudah mengetahui keempat alasan untuk merapikan tempat tidur bukan? Jadi, mulai sekarang, lakukan kegiatan tersebut secara disiplin, karena kegiatan yang terlihat remeh tersebut ternyata sangat mempengaruhi kehidupan. Jika hal kecil sudah dilakukan dengan teratur, maka hal besar pun juga akan dilakukan dengan baik.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply