Kompetisi

Jangan Baper, 3 Hal Ini Cuma Ada di Sabang

IMG-20171111-WA0033

Berbicara tentang keindahan Sabang dan daya tarik pariwisata, rasanya tak pernah bosan dituturkan. Keanekaragaman fauna yang tersebar di beberapa titik laut Sabang membuat turis ingin menceburkan diri dalam keelokan pesonanya. Belum lagi wisata pantai yang tersebar di hampir semua titik Kota Sabang. Lantas, apa yang membuat Sabang begitu menarik ingin dikunjungi tak terkecuali bagi wisatawan di negeri sendiri?

Sedikit rangkuman perjalanan saya, suami beserta dua anak ke Sabang beberapa waktu lalu akan saya paparkan dengan murni pengalaman pribadi.

1. Wisata Pantai
Bukan sudah barang baru lagi rasanya mengaitkan hubungan Sabang dan pantai. Menurut beberapa pengelola resort yang saya temui saat berada di Sabang, para wisatawan begitu menghargai suara debur ombak yang membangunkan mereka di pagi hari dan menemani tidur di malam hari. Oleh sebab itu, banyak resort yang akan kita temui berpapasan langsung dengan pinggir pantai. Bukan hanya memanjakan telinga, melainkan mata juga. Pemandangan laut Sabang sungguh mengunci daya tarik wisatawan yang datang.

2. Sate Gurita
Saat sedang menyusun itinerary, ada hal yang hampir luput dari perhatian. Yakni, wisata kuliner. Dan wisata kuliner yang bisa bikin lidah bergoyang adalah Sate Gurita di Sabang. Saat itu kami menyicipi kuliner yang jadi pembicaraan sebelum ke Sabang ini tepat di depan Sabang fair. Sembari menyaksikan matahari terbenam dan sayup-sayup adzan bergema, sate gurita jadi penghilang lapar dan rasanya lega sekali saat bisa menyantap kuliner ini.

3. Sail Sabang
Salah satu dari sekian banyak daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Sabang adalah karena hadirnya Sail Sabang. Sail Sabang 2017 yang bertajuk “Sabang Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia” membuat semua mata tertuju pada satu kota, yakni Sabang. Sail Sabang adalah bagian dari Sail Indonesia, yakni kegiatan pelayaran Indonesia yang bermula sejak tahun 2000 hingga sekarang. Kegiatan Sail Indonesia ini dicetuskan oleh Dr. Aji Sularso dari Kementerian Kelautan pada saat itu. Dan mulai tahun 2009, Sail Indonesia ditautkan dengan nama kota yang akan menjadi puncak acara. Seperti yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 November – 05 Desember 2017 di Sabang.

Jangan berfikir event ini akan sama seperti di kota-kota Sail Indonesia sebelumnya. Di Sail Sabang kali ini akan ada beberapa kegiatan yang berbeda, salah satunya adalah perlombaan diving. Jadi, jangan berfikir diving cuma ada di layar televisi saja, sebab Sabang akan melaksanakan lombanya. Tertarik ikut?

Jika wisata pantai dan sate gurita sudah pernah kau selami, jangan abaikan poin nomor 3, Sail Sabang. Karena belum tentu tahun depan Sabang akan menjadi pusat acara lagi. Belum tentu tahun depan Presiden RI beserta jajarannya akan berkunjung ke Sabang dalam event yang sama. Dan jangan berfikir Sail Sabang akan membuat Sabang gegap gempita, tapi bila ditarik benang merahnya, inilah saatnya kita mengasah kembali speaking kita. Bersebab akan banyaknya wisatawan asing yang berhadir, sesuai dengan tagline Sail Sabang kali ini yaitu, “Mari Kenalkan Sabang, Sebagai Wisata Bahari Internasional.”

Bingung gimana cara perginya?
Jangan khawatir bagi teman-teman yang berasal dari luar daerah, sebab kini hadir transportasi pariwisata yang siap mengantarmu menuju Pelabuhan Ulee Lheue. Setibanya di Pelabuhan Ulee Lheue, segera merapat ke loket tiket dan jam keberangkatan akan tertera dengan jelas. Untuk hargapun cukup sesuai di kantong sebab keindahan Sabang dan kegiatan Sail Sabang 2017 akan menghilangkan jerih payah.

Kalau kamu aja berniat untuk ikut, saya juga pastinya tidak mau ketinggalan, dong.

Salam Pesona Sabang,

Cutdekayi

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply
    diane
    15 November 2017 at 12:28

    duhhh pengennn ke Sabang…

  • Leave a Reply