Sponsored Post

79 Tahun Sinar Mas dan Kontribusinya Untuk Indonesia

3a-768x768

Halo, selamat pagi! Sudah ngaji hari ini? Berhubung #JumatSemangat, Al Kahfi-nya jangan lupa dibaca. Biar tetep semangat layaknya pemuda Kahfi. Dulu inget banget pas jaman kampus, saya sering baca Quran sendirian sambil nunggu dosen datang. Sekarang, bacanya udah bareng yayang, ga sendirian lagi. Hehehe.

Btw, Ayi mau nanya nih. Pernah cari tau, ga, Al Quran yang kita punya sekarang kualitas kertasnya apa? Siapa yang produksi? Soalnya, Indonesia kan negara muslim terbesar. Berarti pasokan Al Quran sebagai tuntunan, harus mencukupi, dong?

Sebagai negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia, kebutuhan untuk Al-Quran di Indonesia sangat banyak setiap tahunnya. Menurut Kementerian Agama, pada tahun 2011, kebutuhan akan kita suci Al-Quran mencapai 2 juta mushaf per tahun. Hingga kini pencetakan secara nasional baru bisa memenuhi sekitar 50–60 ribu mushaf saja.

Fyi, kebanyakan kertas yang beredar, baik buku tulis atau apapun di Indonesia, berada di bawah nama dagang Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas. Yan Partawijaya, Direktur Senior Sinar Mas, mengakui Grup perusahaannya akan membangun pabrik pulp dan kertas yang diklaim sebagai pabrik terbesar di Asia, dengan kapasitas produksi 2 juta pulp per tahun di SumSel, diktuip dari AntaraNews.

Untuk Al Quran sendiri, Sinar Mas menggunakan Qur’an paper (QPP) dikembangkan mengedepankan aspek halalan toyyiban atau produk yang halal dan baik. Sebuah produk halal terjadi lewat rangkaian proses panjang. Halal  bahan baku yang dipakai, halal proses pembuatan dan peralatan yang digunakan serta halal pula proses penyimpanannya. Mulai dari mesin yang harus terbebas dari najis. Demikian pula dengan dalam penggunaan bahan baku. Karena barang yang baik harus dihasilkan melalui proses yang baik, terlebih lagi akan digunakan untuk mencetak Al-Quran yang berisikan kalam atau firman Allah SWT.

2a-768x768

Qur’an paper (QPP) Sinar Tech yang diproduksi oleh PT. Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang Mill, merupakan kertas berwarna dengan tekstur halus berikut daya serap tinta yang baik serta tingkat pencerahan warna yang maksimal. Dengan desain khusus untuk bahan dasar kitab suci Al-Qur’an, yang memiliki spesifikasi High Smoothness, dengan tingkat kehalusan sangat tinggi, High Opacity, yang menjadikannya tidak berbayang meski dicetak bolak-balik, High Average, dimana pori-pori kertas menyebar secara merata yang menjadikan setiap titik dan huruf Al-Qur’an dapat tercetak maksimal di setiap bagiannya. Meski halus, namun QPP sanggup mendukung percetakan hingga 15.000 lembar per jam dengan ketahanan kertas dan wana kertas yang mampu bertahan hingga 100 tahun dalam pemakaian normal. Kehalalan dan berbagai kelebihannya terjamin, melalui sertifikat Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ISO 9706 yang telah dilabelkan kepada produk QPP Sinar Tech.

(Sumber: bit.ly/quranpaper)

Dengan hastag #BanggaIndonesia dan #QuranUntukIndonesia, Sinar Mas juga mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk berkampanye bangsa dengan Upload foto mu memegang tulisan “Al-Quran untuk Indonesia, Produk Indonesia Jatidiri Bangsa”  me-mention Instagram @Sinar_MasID & @Asiapulppaper. Nantinya, 1 foto yang kita kampanyekan, akan menjadikan 1 buah Al Quran yang diwakafkan kepada mereka yang membutuhkan.

Kontribusi 79 tahun Sinar Mas yang berkembang bersama masyarakat Indonesia meski tanpa kita sadari. Jujur, saya juga baru tau kontribusi Sinar Mas sangat menguntungkan Indonesia. Mereka bekerja secara efisiensi dan memiliki inovasi tanpa henti hingga 79 tahun usianya kini. Dan FYI, bukan hanya soal pulp dan kertas, perusahaan ini juga memiliki memiliki pilar bisnis lainnya yang bergerak melalui Agribisnis dan Pangan, Layanan Keuangan, Pengembang dan Realestat, Telekomunikasi, serta Energi dan Infrastruktur. Masing-masing telah dikelola secara independen tetapi tidak meninggalkan kesamaan nilai dan histori perusahaan. Menurut berita,  6 pilar bisnis tersebut, pengelolaan komoditas serta layanan yang menjadi kebutuhan utama masyarakat, sangat difokuskan agar mampu mendorong kesejahteraan dan perekonomian bangsa. Bermanfaat sekali, kan? Maka dari itu, Sinar Mas pun hadir dalam Trade Expo Indonesia.

tradeexpo

Trade Expo Indonesia yang berlangsung pada 11-15 Oktober 2017 di ICE BSD adalah Pameran Dagang Tahunan Terbesar di Indonesia. Pameran tersebut diselenggarakan oleh Kementrian Perdagangan Indonesia.

Seru, ya! Andaikata Jakarta itu deket, saya mau banget bawa anak-anak dan suami ke sana. Biar apa? Menggenjot semangat. Karena dengan melihat inovasi anak bangsa dan pencapaiannya, kita jadi semangat buat bermimpi lagi.

Kamu yang di sana, jangan ragu hadir, ya! :)

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply