Cerita Bunda

Berpuasa Selama Menyusui, Bolehkah?

Berpuasa selama menyusui

Berpuasa dan menyusui adalah dua hal yang wajib dikerjakan bagi muslimah. Hukum atas keduanya jelas tercantum di dalam Alquran, jadi tak perlu diragukan lagi keabsahannya. Namun, bagaimana jika seorang wanita dihadapkan dalam kondisi wajib berpuasa dan wajib menyusui? Bagaimana pandangan medis dan agama terkait hal ini?

Beberapa minggu yang lalu, saya diizinkan ikut Kelas Mini Edukasi Menyusui oleh salah satu organisasi yang mendukung penuh ibu menyusui. Kelas tersebut mengupas tuntas soal puasa dan menyusui yang notabene dianggap menjadi kelas yang wajib dihadiri, sebab mitos sana-sini. Nah, semoga banyak ilmu berharga yang bisa didapatkan di sini, ya!

Sering kita dengar bahwa jika menyusui, maka sebaiknya jangan berpuasa. Karena akan menurunkan produksi ASI. Ups, bukan itu saja. Melainkan ASI yang diberikan akan menjadi basi. Benarkah?

Hasil Penelitian

Penelitian tahun 2006, ibu yang menyusui bayi usia 2-5 bulan dan menjalankan puasa, ternyata kondisinya saat itu sama sekali tidak berpengaruh kepada bayinya. Kadar KH, protein, lemak, tetap stabil. Namun ada juga penelitian lain yang menyatakan bahwa kondisi ibu dimana IMT [Indeks Massa Tubuh] tidak berubah tapi pemasukan kalori yang direkomendasikan menurun.

Oleh karena itu, para tenaga kesehatan dan ahli laktasi menganjurkan ibu menyusui ekslusif (0-6 bulan) untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadan. Karena ibu akan lebih sering haus pasca menyusui terutama ketika bayi sedang dalam tahap Grow Spurt (percepatan pertumbuhan).

Ibu Menyusui Tidak Sanggup Berpuasa

Ibu menyusui yang tidak sanggup berpuasa, akan mendapatkan keringanan sesuai dengan ayat berikut, “…maka siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain, Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya untuk membayar fidyah; memberi makan seorang miskin (QS. Al- Baqarah : 184).” Dan hadist berikut,
Dari Anas bin Malik, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah meringankan separuh shalat dari musafir, juga puasa dari wanita hamil dan menyusui.” [6]

Jadi, jangan khawatir bila tidak sanggup berpuasa ya, bu. Karena untuk ibu menyusui, Islam memberikan keringanan. Dan kita bisa menggantinya dengan membayar fidyah dan mengqadha (mengganti puasa di hari setelah bulan Ramadan jika sudah sanggup) sesuai dengan hukum islam.

Bagaimana Jika Ibu Menyusui Ingin Berpuasa?

berpuasa selama menyusui 1

Di Indonesia, waktu berpuasa dimulai dari Imsak hingga berbuka akan memakan waktu 14 jam. Untuk itu, jika ibu menyusui ingin berpuasa, para ahli laktasi dan tenaga medis memberikan tips sebagai berikut:

  • Memindahkan jam makan si Ibu.

Jika tadinya 3 x sehari, yaitu sarapan, makan siang, makan malam ditambah snack pagi dan sore, maka selama berpuasa jam makannya berubah menjadi sahur, makan saat berbuka puasa, makan menjelang tidur malam (diatur, paling tidak 1,5 – 2 jam sebelum tidur malam) dan snack serta minum/asupan cairan lainnya bisa disiasati setelah ibu menyusui/memerah di malam hari. Ibu-ibu dianjurkan untuk memberikan ASI baik secara direct breastfeeding maupun memerah ASI dengan pompa yang Ibu miliki.

Para ahli laktasi menganjurkan tetap memberikan ASI pada malam hari adalah karena kadar hormon prolaktin (hormon penghasil ASI) tinggi di malam sampai dini hari yang merupakan saat yang tepat untuk memerah selain menyusui langsung.

Biasanya kalau lagi Ramadan begini, suka susah tidur malam, nggak bu? Jika iya, sama. Waktu tersebut saya gunakan untuk memerah ASI setelah menyusui, agar produksi ASI tetap stabil. Walaupun saya ibu yang tidak bekerja, pompa ASI sudah saya beli jauh-jauh hari. Apalagi jika ibu adalah seorang ibu pekerja. Pompa ASI menjadi barang wajib untuk dibeli di sini. Siapkan ya bu.

Hal yang Harus Diperhatikan Dari Bayi Ketika Ibunya Berpuasa

  1. Pantau BAK Bayi minimal 6 kali/hari
  • Kita bisa memantau produksi urin bayi dengan mengecek diapers setiap kali ganti, menghitung berapa kali mengganti diapers dalam sehari. Sebagai tanda bayi cukup mendapatkan ASI.

berpuasa selama menyusui 2

  1. Pantau kenaikan BB bayi
  • Bisa dilakukan dengan menimbang bayi.
  1. Pantau perilaku bayi
  • Selama kita berpuasa, bayi malah rewel dan berperilaku tidak seperti biasanya? Jika iya, segera berbuka, ya.

berpuasa selama menyusui 3

Hal yang Perlu Diperhatikan Dari Ibunya Saat Berpuasa

  • Menjadi lemas adalah hal yang wajar, namun segera berbuka jika pusing dan berkunang-kunang.
  • Jika lelah, usahakan istirahat siang atau rileks dengan duduk.
  • Menjaga agar diri terus bahagia dan berpikiran positif. Karena perasaan bahagia akan meningkatkan oksitosin (hormon perangsang ASI).
  • Timbang badan, karena BB yang turun lebih 1kg dalam 1 minggu itu tidak baik.

Sekian pengalaman serta tips tentang menyusui selama berpuasa. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jadi, jika Ibu ingin berpuasa, silakan saja. jangan lupa pantau bayi dan pantau diri sendiri, ya! :)

You Might Also Like

23 Comments

  • Reply
    Aini Aziz
    5 June 2017 at 11:33

    Semangat banget baca postingan Ayi.
    Berasa sekali bahwa ketulusan ibu mengasuh anaknya tidak menjadikan aral yang mengurangi kenikmatan Ibadah Puasa Ramadhan. Mabruk selalu, Bunda Ayi manis

  • Reply
    Ihan
    5 June 2017 at 14:14

    nambah-nambah pengetahuan walaupun belum punya baby 😀

  • Reply
    yellsaints
    5 June 2017 at 19:36

    Wah., luar biasa tips dari mamanya Medina. Bisa nambah ilmu ne untuk persiapan jadi ibu.

  • Reply
    Rotun DF
    6 June 2017 at 11:47

    Biasanya kita inginnya puasa, tapi dilarang, terutama sama orang tua *pengalaman* :p
    Tapi memang menyusui pas puasa lemesnya luar biasa ya, apalagi kalau si kecil nyusunya nggak berhenti-berhenti. Rasanya pengen tenggelam ke kasur saking lemesnya.
    Ayi puasa nggak? Kalau puasa semoga lancar dan dikuatkan ya :*

  • Reply
    Dian Ravi
    9 June 2017 at 11:14

    “Dan kita bisa menggantinya dengan membayar fidyah dan mengqadha sesuai dengan hukum islam” kata dan itu yang sering dilupakan orang. Ga sedikit teman dan keluarga aku menganggap dengan membayar fidyah saja sudah cukup.
    Intinya sih, dengarkan suara tubuh kita ya, Yi. Kalau mau mecoba puasa silakan, tapi jangan sampai memaksakan diri sampai jadi sakit.

  • Reply
    Yesi Intasari
    9 June 2017 at 13:26

    ternyata lumayan berat ya mba menyusui sambil berpuasa itu, semoga para ibu menyusui termasuk ibu hami yang saat ini sedang beribadah puasa diberi kemudahan dan kelancaran untuk menjalani ibadahnya, amiin..

  • Reply
    MasIrwin
    9 June 2017 at 20:32

    Kagum sama umi-umi yang tetap menjalankan puasa disaat menyusui, pasti diganjar pahala yang besar. Amin.

  • Reply
    Fandhy Achmad Romadhon
    9 June 2017 at 21:20

    Setahu saya, seorang ibu yg sedang menyusui itu memang diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Hal ini dilakukan demi kebaikan semuanya, baik kebaikan sang ibu ataupun kebaikan sang dedek bayi. Ya meskipun harus mengganti puasanya di lain hari sesuai hari yg ditinggalkan tidak berpuasa.. Dan saya pikir, seorang musafir atau perjalanan jauh pun diperbolehkan utk tidak berpuasa.

    Ya sebabnya, untuk menghadapi mudik besok jelang lebaran, tentunya akan cukup menguras tenaga dan sedikit menyiksa jika dipaksa berpuasa. Tapi alhamdulillah ada hadist yg memperbolehkan utk tidak berpuasa bagi para musafir, dan wajib mengganti di hari lain..

  • Reply
    Nurul Fitri Fatkhani
    9 June 2017 at 23:07

    Dulu waktu masih menyusui, saya juga berusaha untuk tetap menjalankan ibadah puasa. Yang penting selalu memantau keadaan bayi dan memperhatikan keadaan kita sendiri. Alhamdulillah, saya kuat dan anak juga gak bermasalah.

  • Reply
    lendyagasshi
    10 June 2017 at 02:20

    Aku dulu iya, Ayi…
    Hamil – Melahirkan – Menyusui.

    Belum bebas ASI, uda hamil lagi – melahirkan – menyusui.

    Kalau dituruti gak shaum, bisa 4 tahun gak merasakan nikmatnya Ramadhan.

    Jadi menyiasatinya,
    Aku shaumnya selangseling. Sehari shaum, sehari engga…
    Jadi berjeda…karena anak-anakku gak bisa minum ASIP.
    yiaaa~~

  • Reply
    Perempuan November
    10 June 2017 at 10:51

    Kalau di daerahku ibu menyusui kebanyakan dilarang puasa sih. alasannya ya itu, takut berpengaruh ke tumbuh kembang si kecil.

  • Reply
    tomi
    10 June 2017 at 11:57

    Makasih mba tips dan informasinya. Jadi jelas bahwa ibu menyusui msh boleh untuk tidak puasa ya.. dan bs diganti setelah selesai menyusui yaa

  • Reply
    Khoirur Rohmah
    10 June 2017 at 15:56

    Aku baca ini sambil sharing sama temenku yg juga menyusui tapi puasa Mbk Ayi, dia manggut2 aja pas itu baca poin2 yg smean sebutin
    dia puasa, tapi ya gitu, sambil kerja, kadang ngeluh pusing, sebenrnya lemes banget sih dianya, tpi tetep puasa.
    Terima kasih utk sharing informasinya ya mbak..

  • Reply
    ajenangelinaa
    10 June 2017 at 17:14

    Semoga slalu lancar puasa dan Asinya..
    Kalau menurut yang aku baca, Ibu menyusuilah yang boleh puasa semntara Ibu hamil teruyamansemesyer pertama dianjurkan tidak karena butuh banyak enwrgi.
    Semangat Ayi

  • Reply
    ajenangelinaa
    10 June 2017 at 17:15

    Semoga slalu lancar puasa dan Asinya..
    Kalau menurut yang aku baca, Ibu menyusuilah yang boleh puasa semntara Ibu hamil teruyamansemesyer pertama dianjurkan tidak karena butuh banyak enwrgi.
    Semangat Ayi

  • Reply
    Rinda Gusvita
    10 June 2017 at 19:20

    Noted. Persiapan jadi ibu kelak. Duh, kok keknya berat yaaaa. Sekarang aja suka ngeluh terus huhuuu cemennya aku

  • Reply
    Dikki cantona putra
    10 June 2017 at 19:31

    Ternyata, ibu ibu yang sedang menyusui boleh berpuasa ya dan dapat keringanan disaat itu juga.

    Kaka saya yg sudah menikah tidak berpuasa katanya sih biar asinya bagus untuk si anak

  • Reply
    Pu
    10 June 2017 at 21:43

    Jika anaknya rewel, memang lbh baik gak puasa. Tuhan jg bolehin krn keadaan ini. Dan jam makan diganti, itu solusi yg baik jg

  • Reply
    Jiah
    10 June 2017 at 21:45

    Medina plek bgt mukanya dama Kizain #salfok

    Aku blm ada anak sih tp lihat mbakku jg dulu nyusui. Dia kadang puasa kadang gak. Namanya ngasih asi eksklusif tetep aja bikin lemes. Ada kadang anaknya jd gak mau minum asi

  • Reply
    Noni Rosliyani
    10 June 2017 at 22:02

    Temenku ada yg tetep puasa sekalipun nyusuin. Dan dia tetep prima. Tapi enggak tahu yaaa.. Soalnya dia ini ibu pekerja, jadi enggak sepanjang hari nyusuin anaknya. Dan setahuku anaknya minumnya enggak banyak banget.

  • Reply
    Hello Fika
    10 June 2017 at 22:07

    Setuju bingit kalau ingin berpuasa sambil menyusui harus meperhatikan adabnya. Terima kasih tips tipsnya menyusui sambil berpuasa

  • Reply
    Mahadewi
    10 June 2017 at 23:13

    Keren banget ya mbak Ayi, anak dua dan masih berpuasa walaupun menyusui. Tipsnya sangat berguna dan informatif. Aku share nanti sama temen aku yang masih menyusui ya. Kebetulan, aku sudah tidak menyusui.

  • Reply
    Tukang jalan jajan
    10 June 2017 at 23:50

    Selama maminya kuat dan air susu tak berkurang sih sepertinya boleh. Asal jangan dampai sakit aja ya kak

  • Leave a Reply