Arisan

Baca Tips Ini Dulu Sebelum Kamu Terjun Ke Dunia Blogging

student-849825_640

Arisan Link sudah menempati posisi ke-11. Kali ini ada Mom Blogger yang sudah malang melintang juga nih di dunia blogger yakni Mba Ety Handayaningsih atau yang lebih dikenal dengan namaΒ Mbak Ety Abdoel. Mbak Ety juga pernah menjadi Blogger of The Month di salah satu komunitas blogger dan menjuarai banyak perlombaan ngeblog.

Tidak hanya soal juara, dilihat dari tulisan-tulisan di blognya Mbak Ety yang seorang Mom Blogger Solo ini penuh dengan isi yang berbobot dan bermanfaat. Tulisannya bukan sekedar ngalor-ngidul 500 kata lalu selesai. Satu postingan beliau mematok minimum kata sebanyak 1200 kata. Penasaran ga sih kok bisa sebanyak itu?

Belum lagi soal ide. Mom Blogger Solo ini selalu kaya akan ide. Seperti tak pernah habis. Setiap postingan, ada saja ide keren yang ia tulis. Sisi yang ia bahas pun beragam hingga berkali-kali mendapatkan reshare oleh pembaca setianya.

Saya sebenernya pengen kepo soal sosok Mbak Ety dan keluarga. Tapi menurut Mbak Ety, dia tipe yang pemalu untuk menuliskan keluarganya di blog *wink wink* Ada sih beberapa tulisan tentang keluarga. Tapi sekenanya aja. Yang benar-benar bermanfaat akan ia bagikan. Jika tidak, ia cukup merapikan memori di dalam kenangannya saja. *bener juga ya*

Sudah lama sekali saya ingin bahas tentang Tips Ngeblog Bagi Pemula dan Tips Menulis >1200 Kata, agar ketika ngeblog tidak salah langkah. Namun terus tertunda karena belum menemukan partner yang tepat. Kali ini, bertepatan dengan pemenang arisan link yaitu Mbak Ety, seorang Blogger Solo yang sudah memiliki dua putri ini, saya rasa membahas hal ini dengan menjadikan Mbak Ety sebagai narasumber adalah pilihan yang cucok. Betul, kan?

Karir Ngeblog Ety Abdoel

Mbak Ety memulai karir ngeblognya sejak tahun 2009 di platform gratisan. Kemudian mulai serius dengan pindah ke Top Level Domain (TLD) sejak tahun 2011. Selain www.etyabdoel.com, Mbak Ety ini punya beberapa blog lain yang ia kelola. Dan masing-masing blog punya jalan cerita dan milestone tersendiri, menurutnya.

Tips Ngeblog Bagi Pemula

Bisa dihitung sendiri, Mom Blogger Solo ini sudah ngeblog sejak 5 tahun silam. Barangkali ini pula yang membuatnya matang dalam menuliskan hal panjang lebar di blognya dengan padat dan berisi. Berarti ada kaitannya ya dengan lamanya ngeblog dengan kualitas tulisan? Ada, hanya bagi orang-orang yang terus berbenah dengan menambahkan bacaan yang berbobot pula.

Manfaat Nulis >1200 Kata

Ketika saya tanya ke Mbak Ety Abdoel soal kapan pastinya ia berani menulis lebih dari 1200 kata, Blogger Solo yang aktif ini tidak tau secara pasti. Namun yang jelas, ia mendapatkan info dari founder Blogger Perempuan yakni Mbak Shintaries, bahwa menulis lebih dari 1200 kata itu memiliki manfaat, yakni;

1. Google lebih suka tulisan di atas 1200 kata, sehingga akan mudah terdeteksi oleh mesin pencari.

2. Mendatangkan Organik Visitor

3. Merampingkan Alexa dan tetap pada posisi stabil

Alexanya Mba Ety Abdoel

Alexanya Mba Ety Abdoel

4. Dengan menulis lebih dari 1200 kata (panjang dan padat), maka tulisan akan lebih komplit dan si Blogger merasa leluasa juga puas akan tulisannya.

Tips Menulis >1200 Kata

Bisa menulis panjang itu kalau buat Mba Ety pribadi adalah karena beliau tahu apa yg mau ditulis. Seperti yang sudah saya paparkan di paragraf sebelumnya bahwa kualitas tulisan berbanding lurus dengan kuantitas dan kualitas bacaan. Ya, Blogger Solo ini mengimbangi dengan membaca informasi terkait ide yang akan ia bahas secukupnya saja. Tidak berlebihan hingga keliatan seperti ‘ahli’, tidak juga kekurangan hingga terlihat seperti tak tau apa-apa.

Caranya gimana biar bahan tulisan memadai?

Menurut Mbak Ety Abdoel, agar tulisan yang kita tulis itu memadai, berisi dan jelas adalah:

1. Gali ide dan hal yg berkaitan dengan itu. Misal tentang operasi caesar. Mbak Ety akan baca bahan tentang operasinya, prosedurnya, alasan mengapa ibu harus dioperasi, efek samping dari operasi, pengalaman ibu yg operasi caesar dan sebagainya.

2. Kalau dikira-kira bahan bacaan sudah memadai dan kita sudah paham, tinggal tentukan angle tulisan. Mau bahas dari sisi mana? Sisi tenaga medis? Isu negatif operasi? Sisi orang yang membagi pengalaman pribadi? Atau yg lain, memasukkan energi emosional dalam tulisan dengan menghadirkan narasumber yang berpengalaman langsung menjalani operasi tersebut. Bisa, kan? Darimana saja bisa, asal bahan bacaan tadi sudah cukup kita pahami.

Kemudian, tarik kesimpulan. Ternyata benang merahnya ada pada rasa cemas. Sisi kecemasan inilah yang bisa kita munculkan dalam tulisan SC tersebut. Sehingga selain menghasilkan tulisan yang informatif, kita juga bisa memasukkan emosi ke pembaca.

3. Setelah selesai mencari angle, pilah-pilah bahan yg dikumpulkan tadi, sesuaikan antara kebutuhan tulisan dg angle tadi. Jangan terlalu informatif dan melenceng dari angle yang kita maksud.

4. Bikin outline

5. Menulislah sesuai gaya bahasa sendiri agar tulisanmu menjadi berkarakter.

Jadi kira-kira, kalau memang dirasa hati sudah mampu untuk menulis lebih dari 1200 kata, mulailah latihan. Jangan menunda lagi. Awalnya dulu Mbak Ety mencoba menulis panjang itu saat ikut lomba blog saja. Kemudian mulai keterusan untuk setiap blogpost di www.etyabdoel.com. Bisa nih kita coba, ya? :)

Kenalkan : Mom Blogger Solo, Ety Abdoel

Kenalkan : Mom Blogger Solo, Ety Abdoel

Tips Ngeblog Untuk Pemula

Pembicaraan kamipun sampai di Tips Ngeblog Untuk Pemula. Bila dipikir-pikir, Mbak Ety bukan orang baru lagi di dunia pembloggeran. Beliau sudah cukup dikenal di beberapa komunitas blogger. Untuk itu, sayapun mengajak Mbak Ety sharing soal Tips Ngeblog Untuk Pemula.

Buat pemula, awali ngeblog dengan niat yang lurus. Jangan langsung ingin bagus. Semua itu berproses. Bila langsung mampu menulis hingga 1200 kata, pertahankan. Bila belum mampu, maka nikmati proses awal ngeblogmu. Kamu bisa mulai dengan :

1. Nulis sesuai minat, ngeblog dibawa santai aja kaya di pantai.

2. Nulis dengan gaya tulisan sendiri

3. Hindari copas

4. Aktifkan media sosialmu seperti facebook, Ig, Twitter, g+

5. Sharing tulisan ke media sosial

6. Terus belajar lewat online maupun offline

7. Silaturahmi ke blog lain (Blogwalking)

8. Gabung di komunitas blogger

Masih berfikir ngeblog itu ya ‘ngeblog’?

Tidak bisa dipungkiri memang, orang-orang berfikir ngeblog itu ya nulis. Apa aja ditulis. Ada yang awalnya cuma sebatas curhat-curhat gaje, ada juga yang karena tuntutan tugas kuliah. Buat pemula hal ini dimaafkan dan dimaklumi. Namun buat yang sudah berbulan hingga bertahun, rugi rasanya jika tidak ada perubahan dari kepadatan isi tulisan, dsb.

Mbak Ety Abdoel ini sudah merasakan asyiknya ngeblog. Beliau pernah diposisi blogger pemula dan beliau tau sekali seluk beluk blogger pemula itu bagaimana. Jika diseriusi, ngeblog itu asyik sekali. Bisa mendatangkan teman baru, pembaca setia, follower media sosial yang bertambah hingga ke job review. Ngeblog dibayar? Emang bisa? Bisa banget!

Jadi, buat teman-teman yang sedang belajar menulis >1200 kata, teruslah latihan. Bagi yang ingin fokus di dunia blogger, segeralah celupkan dirimu. Ngebloglah dengan senang hati dan riang gembira.Β 

Dan saran untuk Mbak Ety, sepertinya tidak ada…… Mungkin sepertinya daku yang butuh banyak saran darimu, Mbak. Hihihi. Thanks for sharing Mbak ^,^

Salam,

cutdekayi

You Might Also Like

48 Comments

  • Reply
    Ety Abdoel
    18 September 2016 at 08:01

    Ayiii…Makasih sudah super cepat menulis ini.

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:30

      Makasih juga mbak ety sudah mau digangguin malem-malem πŸ˜‚

  • Reply
    Alma Wahdie
    19 September 2016 at 10:48

    Nah, lagi belajar buat bisa menulis dengan padat dan kaya informasi juga nih. Hehehe…
    Sebelumnya emang asal nulis aja, tapi ya kaya mba bilang. Kok sayang ya kalo ga ada upgrade πŸ˜‰

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:30

      Iya mbak. Makin ke sini seharusnya tulisan kita makin berbobot kan. Jadi bisa terus bermanfaat :)

  • Reply
    hijabmoderncantik
    20 September 2016 at 09:28

    wahhh sangat berguna ini tips-tipsnya.. maksih ya atas tipsnya…

  • Reply
    Susindra
    20 September 2016 at 10:31

    Ngeblog itu…. ada seribu cerita di dalamnya, sehingga menulis 1200 kata seharusnya tetap mudah. Hahahahaha…

    Apalagi kalau posting lomba, tahu-tahu sudah 2000 kata saja. Trus sibuk mengurangi sana-sini.
    Tapi… outline memang sangat membantu

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:31

      Iya mbak susi. Kalo dikasih minimal kata sih oke, kalo maksimal? Hahaha.

  • Reply
    Shona - ibubahagia.com
    20 September 2016 at 11:14

    1200 kata? Maaaaaak… masih PR bgt nulis panjang. Tp mau nyoba, tfs mba πŸ˜‰

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:31

      Iya mbak, saya pun masih belajar. Hihihi.

  • Reply
    khairiah
    20 September 2016 at 11:31

    Makasih ilmunya ayi, masih belajar nulis panjang

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:31

      Sama-sama belajar kita, mbak :)

  • Reply
    herva yulyanti
    20 September 2016 at 12:47

    Masih PR banget buat saya yang newbie di blog buat nulis sebanyak itu kecuali pas ikutan lomba hahaha…nice sharing mba ^^ salam kenal

  • Reply
    Nining
    20 September 2016 at 13:19

    Ohiya Mba, ada yang menginfokan untuk 1200 kata ini nggak semua postingan. Sesekali aja bila dirasa perlu. #cmiiw

    Tips-tipsnya bermanfaat banget, tfs :)

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:32

      Iya betul mbak, sesekali aja. Kalo dirasa bermanfaat, ya bagikanlah sesuai bobotnya. Kalo engga, ga usah panjang-panjang. 500 kata juga udah cukup :)

  • Reply
    Liadjabir
    20 September 2016 at 13:44

    Kadang nulis 1200 tp kok jadinya ngalor ngidul gak jelas yaa πŸ˜…πŸ˜…

  • Reply
    PutriKPM
    20 September 2016 at 15:13

    Intinya, menulislah dengan hati kak. Mau sepanjang apapun tulisan yang ditulis nggak dari hati nantinya agak kurang greget gimana gitu buat yang baca. Trust me :)

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:33

      Betul mba put. Kadang mau 1200 kata tapi terkesan dipaksakan, yang baca juga jadi ngos-ngosan

  • Reply
    Rotun DF
    20 September 2016 at 19:46

    Aku nulis panjang udah, tapi masih ngalor ngidul ngetan ngulon >,<
    Mba Ety memang kelihatan sekali progress nulisnya. Ilmu yang didapat, disesap, dan dipraktekkan.
    Semoga bisa meneladani Mba Ety :)

  • Reply
    Ratna Dewi
    20 September 2016 at 22:35

    Aku juga lebih suka nulis panjang karena efek nulis skripsi dan nulis naskah pas jadi wartawan dulu yang masih kebawa sampai nulis blog. Malah kadang susah kalau nulis pendek. Apalagi yang cuma 200-300 kata.

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:34

      Kalo udah terbiasa kadang mau nulis pendek rasanya kurang banget ya mbak.

  • Reply
    LIZA
    21 September 2016 at 08:55

    waah udah arisan ke 11 aja ayi. grup kami udah berapa yaaa… hihihi. mba etu emang kece

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:34

      iya kak, nih besok mau ngocok ke 12 hihi

  • Reply
    Rusydina Tamimi
    21 September 2016 at 15:22

    aku kalo lagi banyak ide okeoke aja nulis 1200 kata, tapi kalo engga duh bisa mentok dibawah 700 πŸ˜€

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:34

      Samaaaaaaaa. Tergantung ‘gangguan’ saat nulis juga. Apalagi aku orangnya bukan drafter (((drafter))) (?)

  • Reply
    tutyqueen
    21 September 2016 at 20:09

    wah, oke banget tips bisa menulis lebih dari 1000 katanya, semoga aku bisa mengikuti jejak mbak Ety yaa :)

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:35

      Mbak Tuty mah udah keceeee :)

  • Reply
    Dedew
    22 September 2016 at 16:51

    Keren yaa menulis postingan secara rutin 1200 kata, pernah sekali bertemu mba ety, kalem dan kereen

  • Reply
    Anne Adzkia
    22 September 2016 at 17:40

    Wiih tipsnya mantap banget nih. Blognya mbak Ety memang keren yaa

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:35

      Betul, mbak. penuh manfaat tulisannya ya

  • Reply
    sintamilia
    22 September 2016 at 18:43

    Wah, aku mah bisa nulis 500 kata juga udah Alhamdulillah

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:35

      Sama mbak sin. Toss dulu hahaha

  • Reply
    Ipeh Alena
    22 September 2016 at 18:48

    Outline! Emang penting banget sungguh. Karena beberapa kali mencoba tanpa outline malah bahas nulis ngalor ngidul ga karuan. Mungkin saya tipikal yang butuh pembimbing semacam outline wakakakak

  • Reply
    Frutablend
    23 September 2016 at 00:49

    Terima kasih tipsnya Mba, saya newbie banget dalam dunia ng’blog, salam kenal aja..

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:35

      Yuk mari, salam kenal kembali πŸ˜‰

  • Reply
    nitalanaf
    25 September 2016 at 17:49

    Satu lagi dari saya… she’s so humble :)

  • Reply
    Aimizumizu
    25 September 2016 at 18:15

    Ssangat berguna infonya. Terimakasih :)
    Salam kenal ya mbak

    • Reply
      cutdekayi
      28 September 2016 at 10:36

      Yuk mari, salam kenal kembali :)

  • Reply
    rita asmara ningsih
    30 September 2016 at 23:04

    Salah satu bentuk keseriusan ngeblog ala Mba Ety dgn mengganti domain TLD ya Mba..

  • Reply
    Faycha Anastasya
    3 October 2016 at 08:55

    Kalo lagi mood pengennya nulis panjang, tapi kalo gak mood nulis panjang berasa berat. Gimana ya biar mood ngeblog langsung membara ketika buka komputer? haha

  • Reply
    Elisamonic
    5 October 2016 at 11:13

    ayi… dirimu templatenya baru lagi yaaaaah? bagus nih yang ini.

  • Reply
    Nyi Penengah Dewanti
    6 October 2016 at 18:29

    Kedua sahabatku ini memang sama-sama keren
    ^_^

    Keren banget mba Ety nulisnya 1200 kata, harus nyontoh tapi kalau kepanjangen juga kadang males #Bloggerpemalas hihihi

  • Reply
    Intan Novriza Kamala Sari
    12 October 2016 at 21:36

    Wah keren bgt 1200 kata! Aku cuma nulis segitu kalo ikutan lomba yang mensyaratkan demikian ato emang karena curcol baper-baperan. Haha. Duh, kudu belajar banyak nih sama mba Ety :)

  • Leave a Reply